Friday, November 18, 2011

Pizza (lagi)

Pizza lagi...lagi-lagi pizza...entah ini udah pizza ke berapa yang saya buat *halah*. Kali ini request suami, untuk bekal ke luar kota. Kalau biasanya saya menggunakan topping yang langsung ditata di atas dough pizza, untuk pizza yang ini saya special pakai topping yang dimasak dulu. happy

Pinggirnya terlihat putih ya? Kayanya karena pencahayaan di dapur.. thinking

Resep pizzanya tetep pakai resep pizza biasanya, cuma kali ini mencoba pakai olive oil. Tapi hm...kok ga ada bedanya? Apa lidah saya yang kurang peka? big grin

Untuk topping bisa sesukanya, manfaatkan aja apa yang ada di kulkas. Kebetulan masih ada daging cincang dan sedikit saus spaghetti instan, ditambah irisan jamur kancing. Ehm, mungkin lebih lengkap kalau ditulis seperti ini:

Bahan Topping:
Daging cincang
Jamur kancing, iris
1 buah tomat, diblender dengan sedikit air
1/2 tomat, buang bijinya, iris kotak kecil
Bawang bombay, iris
Saus spaghetti instan
Saus tomat
Garam
Gula pasir
Minyak untuk menumis
Keju quick melt parut
Oregano bubuk

Cara Membuat:
- Tumis bawang bombay dengan sedikit minyak sampai layu, masukkan daging cincang, tumis hingga berubah warna.
- Masukkan jamur kancing, saus spaghetti instan, saus tomat, tomat blender, garam, gula pasir, tes rasa.
- Masak sampai air susut.
- Oleskan ke atas dough pizza, taburi keju quick melt parut, oregano bubuk dan irisan tomat.
- Panggang sampai matang.

Tampak dekat...enaknya bikin pizza sendiri, toppingnya bisa menggunung seperti ini.. big grin


Pizza yang udah diiris.. winking


Siap dibawa untuk bekal suami..love struck maaf ya sayang, toppingnya agak keasinan.. big grin

Tuesday, November 15, 2011

Puding Pelangi Pertamaku

Hari minggu kemarin bikin puding pelangi ini untuk cemilan di rumah. Terinspirasi dari puding pelanginya mba Melly, tapi saya mengganti agar-agar dengan nutrijel, karena suami lebih suka yang kenyal daripada yang keras.

Ternyata agak ribet juga ya bikinnya, harus sabar di setiap lapisan, berhubung saya agak tidak sabar, akhirnya bisa ditebak, bentuknya nan acakadut seperti inih..hohoho..tak apalah, namanya juga baru pertama kali.. *ngeles*

Hihihi...warnanya ngejreng banget ya, padahal pewarnanya cuma dikiiiitttt bangett.. I don't want to see

Puding Pelangi
inspired by mba Melly, modified by CumaPemula

Bahan A:
1 bungkus nutrijel plain
750 ml santan cair
3/4 cup gula pasir (bisa disesuaikan selera masing-masing ya, kebetulan saya dan keluarga ga begitu suka manis *karena orang-orangnya udah manis* wkwkwkw :p)
Sejumput garam

Bahan B:
1 bungkus nutrijel plain
750 ml air
3/4 cup gula pasir (kalau kurang manis, bisa ditambah)

Bahan C:
Pewarna merah, kuning, hijau, biru, atau sesuai selera.

Cara Membuat:
1. Masak bahan A dan bahan B secara bersamaan sampai gula larut dan mendidih.
2. Siapkan cetakan puding, basahi dengan air matang.
3. Tuang ke dalam gelas ukur bahan A sebanyak 100ml (sesuaikan dengan cetakan pudingnya ya), beri pewarna setetes, aduk rata. Tuang ke dalam cetakan, tunggu sampai agak mengeras.
4. Sambil menunggu bahan A agak keras, tuang ke dalam gelas ukur bahan B sebanyak 100ml (sesuaikan dengan cetakan pudingnya ya), beri pewarna setetes, aduk rata. Tuang ke dalam cetakan, tunggu sampai agak mengeras.
5. Ulangi step 3 & 4 sampai cetakan penuh (cetakan pudingku ternyata cuma bisa untuk 1000ml, jadi kemarin bikin 5 warna bahan A dan 5 warna bahan B).
6. Setelah semuanya selesai dan uap panasnya hilang, dinginkan. Lebih enak disajikan setelah keluar dari kulkas.

Tips:
- Tetap letakkan panci berisi bahan A maupun bahan B di atas kompor dengan api keciiiiiilll untuk menghindari pudingnya cepat mengeras.
- Waktu untuk melapisi harus pas, jangan sampai terlalu lama karena nanti lapisannya bisa lepas, tapi juga jangan sampai terlalu cepat karena nanti warnanya bercampur.. (ehm, pengalaman pribadi nih)

Hasil pudingku, ada yang warnanya bercampur dan ada yang lapisannya lepas.. blushing

Lihatlah lapisan yang terlepas itu harus diakalin pake tusuk makanan biar bisa nyambung.. big grin

Monday, November 14, 2011

Step by Step Membentuk Roti (Part 5)

Sampai juga di step by step membentuk roti part 5. Ini step by step yang terakhir, sebenernya iseng aja bikin model begini, abisnya udah ga ada ide lagi.. big grin

Mulai langsung aja step by stepnya..

Setelah adonan kalis elastis, didiamkan sampai mengembang, kempiskan adonan, dan bulatkan sesuai selera.


Bentuk memanjang, hm..apa ya namanya, digiling pake tangan? Ah..pokoknya dibentuk kaya begini lah.. big grin


 Dibikin 3 seperti ini ya..


Satukan ujungnya.


Mulai mengepang deh..


Hasil jadinya seperti ini, seperti biasa, "sembunyikan" ujungnya di bagian bawah.

Diamkan sejam, olesi dengan eggwash, bisa ditaburi topping, dan siap dipanggang.
Oke, selesai sudah step by step membentuk rotinya.
Semoga bermanfaat yaa.. happy

Step by Step Membentuk Roti (Part 4)

Ihiirr..udah sampe part 4.. big grin
Langsung aja ya, awalnya mirip dengan part 2.

Dan inilah..

Setelah adonan kalis elastis, didiamkan sampai mengembang, kempiskan adonan, dan bulatkan sesuai selera.


Bentuk memanjang, hm..apa ya namanya, digiling pake tangan? Ah..pokoknya dibentuk kaya begini lah.. big grin


Bentuk seperti ini.


Buat simpul tali seperti ini (sama kaya bikin simpul tali biasa)


Sembunyikan "ekor"nya di bawah, jadi bentuknya ntar seperti ini.. big grin

Seperti biasa, diamkan sejam, oles dengan egg wash, dan siap dipanggang..

Step by Step Membentuk Roti (Part 3)

Masih lanjutan dari step by step membentuk roti, step by step membentuk roti part 3 ini agak mirip dengan part 1.

Setelah adonan kalis elastis, didiamkan sampai mengembang, kempiskan adonan, dan bulatkan sesuai selera.


Pipihkan hingga bentuknya menjadi seperti ini.


Beri isian di tengahnya, (bisa parutan keju, meses, selai), secukupnya saja ya jangan banyak-banyak, nanti susah dibentuk.


Bentuk jadi seperti ini, hm...kaya UFO yaa..? big grin


Pilin pinggirnya seperti membuat pastel (this is my first time ngebentuk seperti ini)

Diamkan satu jam, oles dengan egg wash dan siap dipanggang. Duuh..maaf poto hasil jadinya ga ada.. sad

Step by Step Membentuk Roti (Part 2)

Setelah sukses membentuk roti seperti yang ada di sini, sekarang kita belajar membentuk roti bagian ke-2. Hehe..ini juga simpel kok bikinnya, ga susah..beneran deh happy

Ikuti step by stepnya yaa..

Setelah adonan kalis elastis, didiamkan sampai mengembang, kempiskan adonan, dan bulatkan sesuai selera.


Bentuk memanjang, hm..apa ya namanya, digiling pake tangan? Ah..pokoknya dibentuk kaya begini lah.. big grin


Pipihkan sampai bentuknya seperti ini.. winking


Oles dengan margarin/bahan olesan lain, beri filling (bisa meses, keju, selai), banyaknya terserah, tapi jangan banyak-banyak juga, ntar isinya pada meleber keluar..


Mulai gulung dari ujung yang satu ke ujung yang lain.


Jadi deehhh..diamkan sejam sampai mengembang, oles dengan egg wash (campuran kuning telur & susu cair), taburi topping atau langsung dipanggang juga gpp.. happy

Naahh..nanti jadinya seperti ini:

Nantikan step by step berikutnya.. big grin