Saturday, March 01, 2014

Bakso Sapi Homemade

Assalamu'alaikum..

Tenang..tenang..kali ini postingan tentang resep kok, bukan jualan lagi.
Tapi maapkeun kalo potonya terkesan seadanya, asal motret, karena emang ini lagi ga mood poto-poto yang agak serius *halah*
Maksudnya lagi ga mood belajar food photography. Cuma buat dipamerin di DP BBM aja :D

Suka bakso? Saya juga.
Dan selalu penasaran dengan resep bakso homemade yang "mengklaim" rasanya enak seperti bakso yang dijual abang-abang.

Jadi ketika ada yang share resep bakso simpel ini (lagi-lagi share resep di grup), saya langsung semangat '45 buat praktek. Daann..kebetulan sekali waktu ke hypermart lagi ada diskonan daging. Jadilah 250gr daging harganya cuma 17rb aja.. :D


Baiklah, ga pake lama, ini resepnya buat yang pengen cobain:
Bakso Sapi Homemade

Bahan:
250 gr daging sapi tanpa lemak (saya pake daging sapi cincang beku)
50 gr es batu (kira-kira 5bh es batu kecil dari cetakan kotak-kotak yang biasa ada di freezer)
1 butir telur
4 sdm tepung tapioka
4 siung bawang putih, haluskan
2 bh bawang merah, haluskan
1/4 sdt baking soda
3/4 sdt baking powder
Merica bubuk, gula pasir dan garam sesuai selera

Mangkok berisi air dingin secukupnya untuk merendam bakso yang udah mateng

Cara Membuat:
  1. Campur semuanya jadi satu, haluskan pake chopper. Jaga suhunya biar tetap dingin (bisa dengan menaruh es batu di bawah mangkoknya, atau masukkan sebentar di freezer)
  2. Didihkan air. Matikan api. Bentuk bulat-bulat dan langsung masukkan ke air. Didihkan lagi dengan api kecil sampai baksonya matang. Tiriskan dan langsung masukkan ke mangkok berisi air dingin.
Simpel kan?
Pastikan daging sapinya tanpa lemak ya, biar bentuknya bulat bagus. Karena kalo pake daging sapi berlemak, ketika direbus lemaknya akan mencair dan membuat tekstur baksonya ngga rata.

Bakso yang udah ditiriskan dari mangkok air dingin, bisa dimasukkan plastik kemudian disimpen di freezer. Cuma belum tau bisa tahan berapa bulan, mungkin sekitar 1-2 bulan tahan deh kalo freezernya bagus dan jarang mati listrik :D

Jangan lupa dikasih tanggal yaa..
Mari bikin bakso sendirii.. ^^
Wassalamu'alaikum wr. wb

0 komentar:

Post a Comment