Wednesday, October 30, 2013

Ikan Nila Kukus Siram Bumbu (agak) Pedas


Biasanya, dalam mengolah ikan, kalau pengen yang praktis dan cepet, cuma digoreng aja pake bumbu halus bawang putih, ketumbar, kunyit dan garam. Tapi kali ini pengen coba yang lebih sehat dan (agak) ribet. Ehm..sebenernya ga ribet juga sih..

Jalan-jalan ke blognya Mba Endang Just Try & Taste, dan langsung tertarik sama ikan nila ini. Kebetulan kemarin tukang sayur nawarin ikan nila 2 ekor (harganya cuma Rp 6500), gedenya kira-kira setelapak tangan saya.

Tapi karena beberapa bahan cuma dikit dan bahkan ga ada (ga punya kecap asin), jadilah ga persis plek kaya punya Mba Endang. Tapi tetep enaakk kok.. Makasih resepnya ya mba.. :)

Monday, October 28, 2013

Roti Tawar Abal-abal


Kenapa namanya roti tawar abal-abal? Sebenarnya ini hasil keisengan saya aja. Jadi, saya berpikiran kalo bikin roti tawar pake metode water roux apa mungkin hasilnya bisa lebih lembut ya? Nah, karena masih punya sisa ½ pasta tang zhong, akhirnya coba-coba bikin roti lagi, sebagian cuma dibentuk di loyang brownies kecil (karena loyang loafnya kegedean), dan sebagian lagi dibentuk kecil-kecil dan diisi selai blueberry, keju dan almond.

Saturday, October 26, 2013

Homemade Burger Bun with Homemade Vegie Patty

Udah beberapa hari ini ga update blog.. Biasanya kalo update blog itu numpang wifi di kantor suami. Hehehe... :D
Nah, beberapa hari ini ga maen ke kantor suami, karena emang lagi sibuk banget bwt nyiapin Pilwalkot tanggal 27 Oktober.


Masih ingat sama roti yang saya bikin kemarin? Ceritanya pengen bikin burger homemade. Karena kemarin udah ada burger bunnya, sekarang tinggal bikin patty atau isian dagingnya. Kebetulan masih ada daging cincang di freezer, tapi cuma 100gr aja. Putar otak gimana caranya biar bisa keliatan banyak, akhirnya dicampur sayuran. Dan jadilah vegie patty ala saya.. :D
Ini resepnya yaaa..

Saturday, October 19, 2013

Bikin Roti Lagii.. *ceritanya ketagihan water roux methode*

Tetiba pengen makan roti anget fresh from the oven. Bukaann..bukan lagi ngidam kok, cuma pengen aja.. :D

Gara-gara waktu itu pernah bikin roti dengan water roux methode, dan hasilnya memuaskan, makanya pengen mencoba peruntungan, apakah kalo bikin lagi bakalan berhasil juga atau malah bantat? Karena berdasarkan pengalaman, biasanya kalo sekali nyoba resep berhasil, percobaan berikutnya suka gagal. Ga tau kenapa...hehehe..

Karena cuma pengen roti anget, jadinya dibentuk seadanya aja. Isinya juga seadanya isian kulkas, selai blueberry, selai nanas, dan meses coklat.


Tadinya pengen bikin roti unyil, tapi kok ga telaten ngebuletin adonan mini-mini begitu. Akhirnya bikin roti kakaknya unyil (halahh istilahnya kok aneehh) aja sama sebagian dibentuk kaya roti burger (bun).

Thursday, October 17, 2013

Manisan Mangga Muda


Kenapa ya mangga muda identik dengan ngidamnya ibu hamil?
Saya mah, belum hamil juga doyan banget sama mangga muda. Sayang suami kali ini ga satu selera. Dia ga suka makan yang rasanya asem kaya mangga muda. Yogurt juga ga suka. Err..yogurt yang rasanya manis, dia baru suka.

Kok malah ngebahas yogurt?

Balik ke mangga muda. Kebetulan pohon mangga di kantor suami lagi berbuah banyaaakk. Dan buahnya bisa diambil dengan mudah, ga perlu manjat ataupun pake bambu panjang. Kemarin abis metik sendiri donk...udah kebayang mau bikin macem-macem. Ada manisan mangga muda, sambel mangga muda, ikan goreng saus asam manis mangga muda.. *ngetik sambil ngiler*

Eksekusi pertama, manisan mangga muda aja yang gampang.

Tuesday, October 15, 2013

Cake Keju Blueberry


Jangan sesekali browsing resep makanan dalam keadaan lapar, karena pasti akan semakin lapar. Hahaha..itu yang sering saya alami. Dan kalo udah gitu, jadi pengen cepetan nyobain resepnya. Apalagi kalo kebetulan bahan-bahannya lengkap semua.

Seperti cake keju blueberry ini, saya dapat resepnya dari blog Dapurku Surgaku, langsung tertarik pengen praktek, karena bahan-bahan dan caranya yang simpel.

Ini resepnya saya tulis di sini dengan sedikit modifikasi :)

Sunday, October 13, 2013

Sore Hari di Pinggir Kali


Sejak tinggal di Tegal, setiap hari bisa menghirup udara sejuk persawahan. Maklum, kami tinggal di perumahan mewah, alias mepet sawah :D. Poto di atas itu sawah persis di belakang rumah. Diambil bulan April 2013 kemarin, waktu padinya baru ditanam.

Dulu waktu jaman kecil di Semarang juga deket sawah, dan sekarang sawahnya habis digantikan perumahan. Semoga yang di Tegal ini ga habis kaya di Semarang ya...karena beneran adem deh ngeliatin hamparan hijau padi kaya gini:


Foto di atas baru diambil seminggu yang lalu, sayang cuaca sore itu ga begitu cerah. Kalau foto di atas diambil di sawah yang agak jauh dari rumah. Yaa..sekitar 100-200m jaraknya dari rumah. Di dekat sawah itu ada semacam kali buatan untuk irigasi. Di kali itu biasanya tiap sore banyak orang pada mancing.

Dan ini ada cerita sore yang pengen saya tulis..