Sunday, July 21, 2013

Aneka Roti dengan Water Roux Methode


Udah lama penasaran sama metode water roux atau tang zhong ini. Pengen bikin tapi maju mundur terus. Padahal suka banget sama yang namanya roti homemade. Capeknya ngulen terbayar dengan aroma dan rasa roti anget fresh from the oven. Hmm..nulis ini aja sambil mengendus-endus berasa ada aroma roti anget :D

Akhirnya karena udah pengen banget maem roti anget, aku memutuskan untuk bikin ini buat bekal mudik ke Semarang.

Back to the bread, untuk resepnya aku ambil dari bunbriels-kitchen.blogspot.com, tapi untuk bentuk rotinya macem-macem, yang caterpillar nyontek step by step yang pernah ditulis Bunda Ricke di sini.

Langsung ke resep aja yaa..

Water Roux Paste/Tang Zhong:
25 gr tepung terigu protein tinggi
125 ml air

Cara Membuat:
Campur terigu dengan air, aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal. Panaskan campuran ini di atas api keciiiill sambil diaduk hingga mengental. Kalau punya termometer, bisa diukur suhunya sekitar 65oC. Jangan terlalu lama ya, kalau udah mengental dan berwarna putih susu, itu udah cukup. Karena kalo kelamaan dan paste-nya berubah warna menjadi keabu-abuan, nanti malah ga bisa dipake. Setelah hangat, pindahkan ke wadah kecil, tutup dengan plastik wrap dan simpan di kulkas hingga akan digunakan.

Adonan Roti:
190 gr tepung terigu protein tinggi
50 gr tepung terigu serbaguna
18 gr susu bubuk (aku pake 1 sachet dancow putih 22 gr)
½ sdt vanilla bubuk
40 gr gula castor
½ sdt garam
6-7 gr ragi instan (sekitar 1,5 sdt)
1 kuning telur, kocok lepas
75 ml air dingin
25 gr margarin
½ bagian pasta tang zhong yang tadi dibuat (iya, cuma butuh setengahnya aja. Jadi buat ngabisin yang setengah, harus bikin roti lagi.. :D)

Di resep asli pake egg wash (campuran 1 kuning telur + 2 sdm susu cair) buat olesan roti, tapi aku ga pake karena telurnya abis :D

Karena ini aneka bentuk roti, suka-suka aja topping atau isiannya pake apa aja yang ada di kulkas. Tapi untuk caterpillar wajib pake sosis. Selain caterpillar, aku bikin mini pizza, roti isi selai nanas, roti coklat, roti kismis, dan roti susu kental manis. Yang susu kental manis agak meleber isinya..

Oke..sekarang kita bikin rotinya:

  1. Campur dan ayak terigu dan susu bubuk ke dalam mangkuk besar. Tambahkan gula castor dan vanilla bubuk, aduk hingga rata. Masukkan ragi instan, aduk rata kembali.
  2. Buat lubang di tengahnya, masukkan pasta tang zhong dan kuning telur, aduk merata kembali.
  3. Tambahkan air secara bertahap sambil diuleni. Jumlah air yang ditambahkan tergantung adonan, jadi kalo masih kering bisa ditambah lebih dari resep, tapi kalo sudah pas kalis adonannya bisa dikurangi takaran airnya.
  4. Masukkan garam dan margarine, lalu lanjutkan menguleni semua sampai tercampur rata.
  5. Pindahkan adonan ke meja kerja, lalu lanjutkan menguleni hingga adonan kalis dan elastis. Bulatkan adonan dan simpan dalam mangkuk besar, lalu tutup dengan plastik wrap. Diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengembang 2 kali lipatnya.
  6. Kempiskan adonan yang telah mengembang, lalu uleni lagi sebentar. Bagi dan timbang adonan sesukanya. Bentuk sesuai selera.
  7. Setelah dibentuk, taruh adonan di loyang bersemir margarin, diamkan lagi 30 menit sampai mengembang, sambil memanaskan oven 180-200oC.
  8. Panggang selama 15-20 menit atau hingga permukaan kecoklatan. Keluarkan dari oven, dan selamat menikmati roti hangat fresh from the oven… :)
 
Bisa juga ternyata bikin ginian.. :D
Setia menanti rotinya mateng..
Seneng banget waktu lihat ini mateng.. ^^
Bentuknya emang acakadut, tapi puaassss..
Tampak dekat..
Yak..dipilih..dipilih..dipiliiihhh.. :D
Rotinya beneran empuk lhoo..enak banget :9

6 komentar:

Gus Priyono said...

wow, keren. boleh dong dikirim kesini :)
btw. salam kenal ya, semoga aku jadi tamu rutin di blog ini. keren abis.

Ajeng Rani R said...

Aduhh..jd malu nih dibilang keren :D
Makasih banyak Gus Priyono udh mampir :)

duniaely said...

wah .. masuk blog ini disuguhi Foto Foto yang mengundang selera ... Salut nih rajin bikin menu yg lecker :D

enak ya sekali bikin roti topingnya macame macem :)

Ajeng Rani R said...

Makasih mba Ely udah mampir lagii.. :D
Iya, ini karena terlalu banyak waktu luang jadi sering iseng nyobain resep2. Apalagi yang satu resep dapet macem2 kaya gini. Hehehe.. :)

Tatya Ang said...

Hahaha,keren2 mbak ,aku kl bikin bentuk roti malah lebih acakadut...hahaha tp yg jellas setiap bikin roti aku pakai adonan wateroux trus,soale cuma itu bisa nya :D dan pertama kali bikin udah agak sukses jd nya terus2 an tiap bikin roti pakai metode wateroux...

Ajeng Rani R said...

Hehehe..makasih mbaa..iya, enak pake metode ini. Dulu awal2 blm kenal metode ini, kalo bikin roti bs bwt ngeganjel pintu saking kerasnya. Hahaha :D

Post a Comment