Friday, February 15, 2013

My First (not-perfect) Potato Bread

Yeaayyy!!
Jadi juga deh potato bread alias roti kentangku ini..
Meskipun over fermentasi dan over bake (penghalusan dari kata "gosong" :D), tapi alhamdulillah masih bisa dimakan :p

Sebenernya males banget bikin roti homemade, males nguleninya. Tapi entah kenapa sejak beberapa hari yang lalu kebayang-bayang roti homemade fresh from the oven yang anget dan aromanya menyebar kemana-mana. Pengen bikin roti abon kaya di breadtalk tapi masih mikir-mikir. Semakin terprovokasi setelah bunda Ricke pasang DP potato bread hasil karyanya. Langsung deh BBM minta resep..


Dari resep yang dikasih, aku cuma bikin setengah resep aja. Selain karena takut gagal, biar nguleninya juga ga pegel-pegel banget. Hehehe..

Berhubung pengen banget roti abon, jadinya potato bread ini sebagian aku kasih topping abon, sebagian lagi aku kasih isian keju..

Ini resepnya udah aku tulis lengkap (satu resep), yang aku bikin cuma setengahnya.

Wednesday, February 13, 2013

Rujak Mentimun

Sebenernya suka sama buah satu ini. Meskipun kadang identik dengan Si Kancil anak nakal :D
Buah apalagi kalo bukan timun alias mentimun.

Tapi sayang...berhubung aku punya darah rendah, jadi ga boleh banyak-banyak makan timun. Padahal suka banget sama olahan timun. Misalnya acar timun, jus timun, es timun serut...sluuurrpp...mendadak ngences :p

Padahal (lagi), timun banyak khasiatnya. Dari mengontrol tekanan darah (khusus untuk penderita tekanan darah tinggi ya), perawatan kulit dan wajah (bisa buat maskeran), sampai bisa untuk melawan kanker.

Waktu blog walking kemarin, lihat postingan mba Yulyan di sini, aku bener-bener ngences dan pengen langsung bikin rujak mentimun. Kebetulan bahan-bahannya juga lengkap di rumah, meskipun asam jawanya tinggal dikit dan ga ada kelapa muda (berarti ga lengkap donk yaaa..). Akhirnya dimodifikasi sesuai dengan ketersediaan bahan. Aku tambahin air jeruk nipis, eh..jadi tambah segeerr bangett...

Sluuuurrppp..


Yang pengen nyobain, silakan dilihat resepnyaaa..

Friday, February 08, 2013

Nasi Uduk (agak) Komplit


Lagi belajar bikin nasi uduk, soalnya suami suka banget sama nasi uduk.
Browsing resep, ada banyak cara bikin nasi uduk. Dari yang tanpa santan sampai yang pake santan. Dari yang manual sampai yang pakai rice cooker. Akhirnya aku coba-coba aja eksperimen sendiri, dan bikin pelengkapnya dengan bahan-bahan asal cemplung ga pake takaran.

Eh..ada satu yang pake takaran:
Perbandingan antara beras dan cairannya itu 1:2, jadi 1 cup beras itu cairannya 2 cup.

Untuk resepnya dikira-kira sendiri yaa..

Tuesday, February 05, 2013

Macaroni Schotel

Minggu pagi kemarin ada yang request macaroni schotel ini buat cemilan, gara-garanya lihat resep di tabloid. Kebetulan memang ada stok macaroni mentah, dan seperti biasa memanfaatkan apa yang ada di kulkas, jadilah macaroni schotel ini.. ^^

Bikin macaroni schotel ini abisnya cepet, secara orang rumah itu lebih suka cemilan yang gurih macam ini daripada yang manis macam cake, bolu, dll. Kalo kata suamiku, "mblengeri".


Biarpun bikin ini gara-gara lihat resep di tabloid, tapi resep yang aku tulis ini beda jauh sama yang ada di tabloid itu :D

Lebih simpel sih menurutku..yang mau cobain, cekidot the recipe yaa..

Friday, February 01, 2013

Risol Tuna Mayo


Ceritanya pengen ngabisin stok tuna kaleng yang udah dari jaman entah kapan ada di lemari makan di rumah. Untungnya masih belum kadaluwarsa. Tadinya pengen bikin amris, tapi berhubung ga ada isiannya, coba bikin pake isi tuna aja.

Risol Tuna Mayo

Bahan Kulit: (pakai resep kulit american risolnya bunda Ricke)
100 gr tepung terigu protein tinggi
1/4 sdt garam
1/4 sdt merica bubuk
1 butir telur
300 ml susu cair
1/2 sdm margarin dilelehkan atau 1 sdm minyak goreng

Tuesday, January 29, 2013

Famous Amos Double Choco Chips Cookies

Hehehe..
Judulnya panjang bener yak? :D
Gimana kalo disingkat jadi FADCCC aja? Hmm..FAC (Famous Amos Cookies) aja deh, lebih pendek.. :p

Baiklah..
FAC ini dibuat dalam rangka mupeng liat setoran teman2 di grup BBM. Berawal dari mba Alice yang share poto plus resepnya, langsung deh satu demi satu teman2 kena virus pada bikin dan setor juga. Aku salah satu yang bikin tapi ga ikutan ngeshare, karena pas bikin ternyata virusnya udah ganti yang lain...wkwkwk..


FAC ini mirip sama cookies merk terkenal, ehm..sebut merk ga yaa? Pasti semua tau cookies coklat terkenal itu.. *ga sebut merk :D

Resep asli dari www.cookingcrave.blogspot.sg dan sudah diterjemahkan sama mba Alice dan ditulis ulang sama aku jadi begini:

Friday, January 25, 2013

Hokkaido Chiffon Cupcakes

Tertarik bikin ini gara-gara (lagi-lagi) lihat postingan teman (mba Endang) di BBM Grup. Apalagi waktu mba Endang share resepnya. Jadi tambah kepingin bikin.. Secara ini salah satu resep chiffon tapi ngga perlu pake loyang chiffon.

Resepnya dapet dari blog mba Hesti, cuma karena di sana dibilang hasil jadinya kurang manis, jadi aku tambahin gula pasir. Dan hasilnya pas menurut seleraku. Di resep asli, telurnya cuma 3, tapi karena di kulkas cuma ada telur kecil-kecil, jadilah aku pake 4 butir. Intinya, ni resep udah disesuaikan dengan ketersediaan bahan dan juga selera lidah..hihihi.. :D