Tuesday, July 23, 2013

Ngabuburit dan Buka Puasa di Masjid Al Fairus Pekalongan

Buat yang ada di kota Pekalongan ataupun sering mondar-mandir lewat jalan pantura di Pekalongan, pasti tahu keberadaan masjid megah ini. Masjid Al Fairus termasuk masjid baru. Dibangun tahun 2004 oleh pengusaha batik Pekalongan, masjid ini belum 100 persen jadi. Tapi udah bisa dipakai buat beribadah, beristirahat, dan berbelanja. Eh? Iya, selain fungsi masjid pada umumnya, di masjid Al Fairus ini juga menyediakan kios-kios yang menjual pakaian (terutama batik), dan juga makanan.


Arsitektur masjid ini mirip Masjid Nabawi. Dan sepertinya memang berkiblat ke arah sana, karena untuk takjil buka puasanya pun mengikuti cara berbuka puasa di Masjid Nabawi. Pihak masjid menyediakan berpuluh-puluh galon air zam-zam dan berkardus-kardus buah kurma yang didatangkan langsung dari Arab Saudi. Jadi, buat yang pengen berbuka puasa (seolah-olah) seperti di Masjid Nabawi, bisa ke Masjid Al-Fairus ini ya..

Sunday, July 21, 2013

Aneka Roti dengan Water Roux Methode


Udah lama penasaran sama metode water roux atau tang zhong ini. Pengen bikin tapi maju mundur terus. Padahal suka banget sama yang namanya roti homemade. Capeknya ngulen terbayar dengan aroma dan rasa roti anget fresh from the oven. Hmm..nulis ini aja sambil mengendus-endus berasa ada aroma roti anget :D

Akhirnya karena udah pengen banget maem roti anget, aku memutuskan untuk bikin ini buat bekal mudik ke Semarang.

Back to the bread, untuk resepnya aku ambil dari bunbriels-kitchen.blogspot.com, tapi untuk bentuk rotinya macem-macem, yang caterpillar nyontek step by step yang pernah ditulis Bunda Ricke di sini.

Langsung ke resep aja yaa..

Saturday, July 13, 2013

Pizza Fauzia

Suka banget sama cemilan satu ini. Apalagi kalo bikin sendiri, toppingnya bisa suka-suka. Tergantung persediaan yang ada di rumah aja.. Banyak resep dough pizza yang udah aku coba. Dan setiap ada resep pizza yang menarik, pengennya nyobain. Dan kalo cocok ditulis di sini.. :)
Tapi udah lama banget ga bikin pizza homemade. Karena memang lagi baking blue juga. Pas lagi liat-liat memo pad di BB, liat resep pizza dough dari temen FB namanya Teh Fauzia. Jadi judul pizza kali ini Pizza Fauzia :D

Barusan dapet konfirm dari Teh Fauzia, katanya ini resep aslinya dari blog JustTryandTaste.com :D


Resep dough (adonan) nya simpel, ga perlu cape nguleni.  Makasih resep dough nya ya Teh..recommended buat dicoba nih. Aku tulis di sini ya…

Tuesday, July 02, 2013

Onde-onde Isi Kacang Hijau

Siapa yang ngga tau onde-onde? Kayanya hampir semua orang tau dan pernah makan jajan pasar satu ini. Iyaa..onde-onde memang jadi salah satu favorit kebanyakan orang, jadi hampir di semua tempat ada. Dan suamiku salah satu penggemar onde-onde. Ehm, lebih tepatnya penggemar olahan kacang hijau :D

Nah, makanya aku pengen coba bikin onde-onde. Kata orang, bikin onde-onde susah dan lama, karena harus nempelin wijennya satu persatu.. -__-“ plis dehhh.. :D

Resep onde-onde ini dapat dari google, tapi udah dimodifikasi dikit :)


Onde-onde Isi Kacang Hijau

Sunday, June 23, 2013

Bakso Ayam Homemade

Suka banget sama bakso. Dari bakso sapi, bakso ayam, bakso ikan, bakso cumi, bakso udang, bakso tahu, bakso ojek.. (sebutin aja semuanyaa.. :D). Dulu sebelum ada acara investigasi, suka jajan bakso ojek yang biasa mangkal di sekolahan. Tapi sejak ada acara itu, jadi takut kalo mau jajan sembarangan. Akhirnya mencoba untuk bikin bakso sendiri. Karena belum nemu resep bakso ojek yang kaya di sekolahan, dan karena ada filet ayam yang entah sejak kapan tahu ada di freezer, jadilah aku bikin bakso ayam ajahh…

Resepnya dapet dari mba Vina, yang dulu nama blognya revinaoctavianitadr.multiply.com, tapi sekarang udah ga bisa diakses sejak multiplynya ditutup. Untung udah keburu nyatet resepnya… Agak dimodif dikit :D


Wednesday, June 19, 2013

Puding Telor Ceplok


Akhirnya setelah sekian lama, tertular juga virus puding telor ceplok ini. Pertama kali lihat di FB temen tapi lupa siapa, ga tau siapa yang memulai. Tapi kreatip nih idenya. Kalo pake cetakan yang bulat, beneran mirip telor ceplok.

Friday, June 07, 2013

2nd Anniversary-nya Maen ke Cimory on The Valley



5 Juni 2011 :")

Alhamdulillah…segala puji syukur kepada Allah SWT atas kebersamaan yang menyenangkan bersama suami selama 2 tahun ini, tepat tanggal 5 Juni 2013 kemarin. Meskipun belum dikaruniai momongan, tapi udah banyak banget yang kami dapatkan. Alhamdulillah…mohon doanya yaa biar cepet dapet momongan… :)
 
Sekilas info, aku udah resign per tanggal 1 Juni 2013 kemarin. Selama 2 tahun menikah, rasanya ga enak banget jauh-jauhan. Aku di Semarang, suami di Tegal. Merasa belum bisa jadi istri seutuhnya karena belum bisa melayani suami secara utuh. Setelah menimbang dan memikir, aku memutuskan untuk resign dari kerjaan yang udah hampir 5 tahun ini ditekuni. Dan memutuskan untuk ikut suami ke Tegal, mau jadi ibu rumah tangga ajahh ceritanyaa…

Ga ada perayaan apa-apa, cuma pengen jalan-jalan berdua suami. Akhirnya kami memutuskan ke Cimory on The Valley, salah satu resto baru di daerah Ungaran Kab. Semarang. Penasaran aja ada menu apa di dalamnya :D



Ketika sampai sana, ga begitu rame. Mungkin karena bukan hari libur.
Jadi di Cimory ini selain ada tempat makan, ada juga tempat jual oleh-oleh, kolam ikan, farm yang cuma berisi 3 ekor sapi perah, dan playground yang belum jadi. Untuk fasilitas macam mushola dan toilet itu udah ada.