Tuesday, November 08, 2011

Sate Sapi Manis

Tanggal 6 November kemarin bertepatan dengan Hari Raya Idul Adha, kebetulan dapet jatah daging sapi. Suami request dibikin sate aja. Aku setuju..udah bayangin bakal bakar2an berdua lagi sama kaya waktu bikin ikan bakar kemarin.. hee hee

Sayangnya, dari siang sampai malam hujan ga berhenti turun. Mau bakar2an jelas ga bisa karena ntar pasti kena air hujan. Demi menyenangkan hati suami, aku tetap bikinin sate sapi, tapi dibakarnya di atas teflon yang beralaskan daun pisang. Ehm, mungkin lebih tepatnya dipanggang, bukan dibakar.. big grin

Dengan bumbu hasil mengarang indah, aku nyoba bikin sate sapi manis. Alhamdulillah..ternyata hasilnya enaakk..seneng banget liat suami makan sate sapi manis buatanku dengan lahapnyaa.. (laper apa doyan ya?? big grin)


Sate Sapi Manis
ala cumapemula

Bahan:
Daging & hati sapi (duh, lupa ga ditimbang, kayanya sekitar 200-250gr), potong dadu kecil

Bumbu Rendaman: (campur jadi satu)
2 sdm kecap manis
1 sdm air jeruk lemon
1 sdm garlic powder
Garam secukupnya

Bumbu Olesan: (campur jadi satu)
1 sdm kecap manis
1 sdm saus BBQ siap pakai
Sisa bumbu rendaman

Peralatan:
Tusuk sate
Daun pisang
Wajan Teflon

Cara Membuat:
- Rendam potongan daging & hati sapi dengan bumbu rendaman, taruh di wadah tertutup rapat, diamkan minimal satu jam di dalam kulkas biar bumbu meresap.
- Tusuk potongan daging & hati sapi (kemarin satu tusuk sekitar 4-5 buah), panggang di atas teflon yang sudah dialasi daun pisang.
- Selama dipanggang, sesekali diolesi bumbu olesan dan dibolak balik sampai matang.
- Angkat, sajikan dengan potongan tomat, irisan bawang merah & cabe rawit.

Tampak dekat: big grin

2 komentar:

aditya wulandari said...

halo ran, kemaren aku juga masak sate tp pke bumbu yang dibikin ibu mertua, oya sebelum masak dagingnya diremes2 pake daun pepaya dulu biar empuk katanya, trus dibumbuinnya itu pke bawang putih, ketumbar,asem, jinten, gula jawa

hihihi hasilnya enaaakkk

Ajeng Rani R said...

Waahhh..makasih sarannya Dit, kemarin pas ga ada daun pepaya, tapi trus dapet info kalo air jeruk lemon juga bisa bikin daging empuk.. :D

Sate dagingmu bumbunya lengkap sekaliii..pasti rasanya lebih mantaabb..kapan2 cobain aahh..makasih yaa.. :D

Post a Comment