Thursday, January 19, 2012

Klepon


Klepon ini salah satu cemilan favorit suamiku. Seneng banget deh lihat ekspresi wajahnya waktu makan klepon buatanku...terlihat menikmati sekali..hehe..


Resepnya aku dapet dari buku NCC - Snack manis dan gurih anti gagal ,dengan sedikit modifikasi. Harusnya pake air kapur sirih, tapi aku skip.

Klepon

Bahan:
120 gr tepung ketan putih
30 gr tepung beras putih
Sejumput garam
Kelapa parut (beli sebungkus harga 2rb, bisa bwt 2 resep ini), campur dengan garam, kukus, sisihkan.
Gula jawa, disisir halus atau diiris kecil2
75-100 ml air ditambah 1/4 sdt pasta pandan -> hangatkan
Air setengah panci untuk merebus

Cara Membuat:
- Campur tepung ketan, tepung beras, dan garam. Aduk rata.
- Hangatkan 75-100ml air dan pasta pandan, tuang ke dalam campuran tepung, aduk rata sampai kalis dan bisa dipulung. Air ga harus habis, hentikan kalau sudah bisa dipulung.
- Ambil sebagian adonan, pipihkan, isi dengan gula jawa, bentuk bulatan sebesar 'kakaknya' kelereng.
- Didihkan air, masukkan bola2 klepon, tunggu sampai mengapung.
- Angkat, tiriskan sebentar, langsung gulingkan di kelapa parut.
- Siap disajikan.. :)

Suami request klepon ukuran gede..lihatlah perbandingannya..
Penampakan bagian dalam klepon

9 komentar:

Melly Octaviana said...

masih ada kah klepon nya, tapi aku maunya yang kelapa nya di tempelin satu satu .. wkwkwk

Ajeng Rani R said...

Wkwkwkw..bikinnya bertahun2 kalo kaya gitu mba.. :D

pondokuliner said...

Siiip nih. suami dan anak anak ku juga suka banget nih..izin copas ya....
Tengkyu...

Ajeng Rani R said...

Silakaann.. ^^

Anonymous said...

Beneran anti gagal nih? Coba bikin ah :))

Ajeng Rani R said...

Insya Allah..ayo dicobain.. :)

Anonymous said...

Halo mbak ajeng,trims ya resepnya.haduh jadi pengen nyoba,but anyway,,bisa gg ya umpama tepung beras dicampur kanji buat bikin klepon...?untuk jawaban,,,trims bgt sblmnya.

Ajeng Rani R said...

Waduh..maaf mba saya belum pernah nyobain bikin tepung beras + kanji. Mungkin nanti hasilnya agak beda di tekstur. Maaf ya ga bisa bantu..

Arum Boraja said...

Wah kaya suami ku,,suka bngt ama yg nama'y klepon ����

Jadi pngn nyoba resep'y ☺.mksh ya mb dah berbagi...

Post a Comment