Saturday, November 05, 2011

Donat ala J.Co

Bikin ini udah lamaaa..sekitar akhir Oktober kalo ga salah. Gara2nya di kantor lagi asyik ngomongin donat J.Co, akhirnya aku tertarik bikin donat ala J.Co ini sendiri. Resepnya pake punya NCC, tapi aku bikin setengah resep aja.

Oya, aku nyobain pake tepung komachi, ternyata lembut ya tepungnya? big grin
Hasil donatnya juga kopong, enak..suamiku suka banget, apalagi donat yang aku goreng krispi di luar lembut di dalam..nyam nyamm.. love struck


Donat ala J.Co
source: NCC modified by cumapemula

Bahan A:
420 gr tepung terigu Jepang (Komachi)
1/2 sachet ragi instant
300ml air matang

Bahan B:
100 gr tepung terigu Jepang (Komachi)
sejumput garam
30 gr susu bubuk FC
60 gr gula pasir
1 butir telur
60 gr mentega putih / shortening

Cara membuat:
1. Aduk bahan A sampai rata, istirahatkan selama 90 menit diwadah tertutup, jadikan sebagai bahan biang. Di resep asli bahan A ada garamnya, tapi aku pernah baca katanya ragi ga boleh ketemu garam, karena nantinya ga ngembang. Akhirnya garam di bahan A aku skip.
2. Campur adonan A dengan bahan B, lalu uleni sampai kalis, ga lengket di tangan, kira-kira 10 menit. Kemudian istirahatkan diwadah tertutup selama 15 menit.
3. Gilas tipis adonan setebal kira-kira 1 cm, diamkan 10 menit, cetak dengan cetakan bentuk donat, diamkan 10 menit lagi.
4. Sebaiknya digoreng dalam minyak padat dengan api kcil saja hingga berwarna kuning kecoklatan, tapi karena aku ga punya minyak padat, aku goreng pake minyak goreng biasa.
5. Angkat, dinginkan. Beri topping sesuai selera.

Dan inilah donat yang udah diberi topping...


Meskipun penampilannya masih jauh dari donat J.Co, tapi alhamdulillah keluargaku suka semua..dan itu yang bikin aku seneeeeeeng banget.. love struck

Sempet ngasih 3 potong donat ke tetangga, terus dia sms: "Mba, kok donate enteng banget? Kebanyakan ragi/kelamaan?"
Trus aku bales: "Itu pake tepung komachi mba.."
Dia bales lagi: "Oh, tapi kok menurutku kopong ya?"
Aku bales: "Donat J.Co kan emang kopong mba..belum pernah mam ya?"
Hihihi..kapan-kapan aku beliin donat J.Co ya mba.. big grin

5 komentar:

Anonymous said...

makasih info resepnya mbak.. aku dah coba, berhasil.. dan hampir semua komennya sama kayak tetangga mbak.. hehehe :-D

Ajeng Rani R said...

Hihihi..makasih ya mba udah nyoba & mampir resepnya.. :D

cyupscakes said...

mba, tepung komachi nya beli dimana ya? aku cari susah bgt dapetnya hehe

Ajeng Rani R said...

Di TBK (Toko Bahan Kue) yang agak gedean ada mba. Kalo mba di Semarang, bisa cari di Harmony-Mart Citarum..

Dapur Fierly dan io said...

Kalo pake tepung cakra bisa kopong juga gak mbak?

Post a Comment