Sunday, May 18, 2014

Tofu Saus Telur Asin

Assalamu'alaikum..

Pernah makan menu ini di salah satu tempat makan, ehm..sebut nama aja kali ya..hehe.. Namanya D'cost, spesial seafood sih sebenernya, tapi ada menu tahu jepang saus telur asin. Rasanya enak banget, tapi harganya lumayan..

Jadinya memutuskan untuk bikin sendiri aja deh, biar bisa makan sepuasnya dengan harga hemat. Hehehe..

Browsing resep, nyasar ke blognya mba Agie. Karena ternyata sama-sama penggemar saus telur asin D'cost, cuma kalo mba Agie suka sama cumi goreng saus telur asinnya. Akhirnya saya nyontek resep saus telur asinnya aja..



Tofu Saus Telur Asin

Bahan:  

1 bungkus tofu, potong sekitar 1 cm, goreng sebentar
2 butir kuning telur asin, haluskan
1 batang daun bawang, cincang
2 siung bawang putih, geprek dan cincang
margarin secukupnya untuk menumis
50ml air kaldu ayam/ air matang
Putih telur asin, potong dadu kecil2

Cara Membuat:

Dalam wajan, lelehkan margarin, tumis bawang putih sampai harum, lalu masukkan kuning telur asin yang sudah dihaluskan, aduk rata. Masukkan air/kaldu, aduk sampai rata, mendidih dan creamy. Masukkan daun bawang, aduk sebentar. Masukkan tofu goreng, aduk cepat dan merata. Angkat. Kemudain taburi dg putih telur asin.



Simpel kan bikinnya? Bisa buat sarapan dan bekal suami ke kantor.. :)

6 komentar:

Anonymous said...

Mba mau nnya.itu telur asin'y drebus dlu atau gmn y?
Makasi mba info'y :)

Ajeng Rani R said...

Telur asinnya pake yg udh matang mba, jadi diambil kuningnya aja trus dihaluskan :)

auliara said...

Mbak agak bingung nih bedain daun bawang sm bwang pre..itu yg dipakai buat sus daun bwang yang ujungnya mirip bawang merah kan?

Anonymous said...

Mbak itu maksudnya air matang putih telur asin gimana ya ? Air rebusan atau apa ?

lina said...

Ia,,,jenk rang..membingungkan wkt ngebayangin air kaldunya ikut dimasukkan pada saat menulis bawang putih dgn margarin nya bukan nya klu ikutan masuk dlm tumisan nya dgn ukuran air 50ml gitu jadi berkuah ya? Gmn caranya bisa disebut garing? Thanks tuk bantuan menjelaskannya
Hv nice days :-)

totelove said...

bantu jawab ya. air matang sendiri, putih telur asin sendiri itu mba di resep..

kaldunya cuma dikit mba cuma 1/4 gelas aja kan tadi udah ada kuning telurnya dgn dikasi cairan jadi biar dia gak kering sausnya membantu biar creamy..

Post a Comment