Saturday, May 05, 2012

Untung Ada Flight Retime

Melanjutkan cerita kemarin, ketika orangtuaku memutuskan untuk ga jadi berangkat, aku dan suami sempet bingung. Bisa ga ya minta refund? Baik itu dari AirAsia ataupun dari Agoda? Akhirnya aku coba hubungi contact servicenya untuk bertanya-tanya.

Ternyata, contact service AirAsia gampang banget dihubungi, sodara-sodara! Aku udah khawatir, perusahaan gede gitu gimana ya pelayanannya? Kalo ditelpon diangkat ngga ya? Ternyata kekhawatiranku tidak beralasan. Customer servicenya ramah, informative dan komunikatif.

Pertama, aku menanyakan masalah bagasi. Karena bagasi yang aku pesan itu dua-duanya atas nama orangtua, bisa ngga dialihkan? Karena ada kemungkinan orangtua ngga berangkat. Jawabannya: maaf, tidak bisa.

Huufftt..

Yang kedua, aku menanyakan prosedur refund. Sambil harap-harap cemas karena tiket promo biasanya ngga bisa direfund, ngga bisa diganti nama, dll. Ternyataaa..alhamdulillah, mungkin ini yang disebut keberuntungan. Berhubung ada re-time atau re-schedule dari AirAsia, tiketnya bisa di REFUND!! Alhamdulillah..*sujud syukur*

Dan inilah hasilnya, invoice refund:




Wow..sempet percaya ga percaya liat invoicenya. Ternyata uangnya dikembalikan full, tanpa ada potongan sedikitpun. Tapi sekali lagi, ini karena ada perubahan jadwal dari AirAsia, jadi bisa direfund full. Kalau engga, mungkin ada potongan atau bahkan engga bisa direfund sama sekali...

Dan, untuk prosesnya pun cukup lama, sekitar 30-60 hari (kalau ngga salah inget).
Sampai tulisan ini ditulis, status refundnya pun masih seperti ini:

Masih pending bank payment.. x_x
Di bagian bawah (lupa ga ke-capture), ada keterangan seperti ini:

Refund Status :
In progress -your refund is being processed by our Refund and Finance team.
Pending bank payment -
your refund has been submitted to your bank/credit card for payment. You will receive your refund in your bank account/credit card in due time.
Closed -
Your refund has been credited to your account by your bank/credit card.
Closed with rejected reasons -
Your refund has been deemed invalid.
If you have further enquiries about your refund, please contact us

Oke..aku tunggu refundnya yaa.. :)

Tapi..masalah ternyata belum selesai. Karena nama suamiku cuma satu kata aja, ketika aku booking tiket, first name-nya aku isi "Mr.". Dan ketika aku tanyakan ke Customer Service AirAsia, itu nantinya akan menjadi masalah, karena tidak sesuai dengan nama yang ada di paspor. Akhirnya disuruhlah aku nge-fax paspor dan note untuk meralat nama. Padahal itu udah mepet banget, beberapa hari sebelum keberangkatan. Untungnya proses ganti nama itu cuma makan waktu 3 hari. Bener-bener 3 hari, Sabtu dan Minggu ikut dihitung. Salut!

Tips: untuk yang punya nama hanya satu kata, ketika ada form isian First Name & Last Name, isi semuanya dengan nama itu. Kaya suamiku, namanya Rusliyanto. First Name & Last Name juga Rusliyanto. Walhasil namanya jadi Mr. Rusliyanto Rusliyanto. Haha :D

Dan inilah booking details terakhir kami:


Siap untuk berangkat?
Belum. Karena suamiku ga mau kita berangkat gaya backpacker. Padahal aku pengen banget backpacking-an aja, cuma pake ransel tanpa koper. Lagipula, kita belum beli bagasi. Dan untuk pembelian bagasi di  web harus pakai kartu kredit, kalau mau beli di counter, harganya 2x lipat harga di web. Wew..

Oya, untuk bagasi kabin sebenernya ada, per-orang boleh bawa koper/ransel dengan ukuran maksimal 56cm x 36cm x 23cm, dan berat maksimal 7kg. Dan untuk seat, kita bisa pilih seat sewaktu booking tiket. Asalkan kita belum check in, masih bisa pilih seat dan bagasi. Untuk pilih seat yang biasa Rp 18.000, untuk yang hot seat sekitar Rp 90.000 kalo ga salah. Kalo ga milih seat? Ntar ditentuin sama AirAsianya.

Untuk bagasi, karena suami tetep ngotot kami harus pake bagasi, akhirnya aku kontak Kelvin, yang pernah bantuin waktu booking kamar hotel di web Agoda (ehm, kemarin belum disebutin namanya ya? :D). Ya sudahlah..akhirnya kami beli bagasi 15kg untuk PP. Harganya Rp 90.000/15kg.

So, here is the final travel itinerary..


And the last invoice:


Oya, untuk kamar di Agoda, alhamdulillah bisa ikut direfund juga, tapi kena potongan 100rb. Gpp deh..daripada ga bisa sama sekali.. :D

Panjang juga ya ceritanya..hehe..semoga ga bosen bacanya.. :D
Sampai ketemu di part selanjutnya.. ^^

9 komentar:

KPU KOTA TEGAL said...

ditunggu kisah selanjutnya...

Ajeng Rani R said...

Siiaapp..^^

MAPADOKS said...

mbak aku juga dapet re-time juga, mau tanya cara untuk refund rumit ndak ya? syaratnya apa aja?

Ajeng Rani R said...

Ngga susah kok, jawab pertanyaan mbanya CS aja. Tapi emang agak lama sih..sekitar sebulan lebih baru dibalikin.

nunik said...

mbak, aktif di sosmed nggak ? facebook gitu ? saya mau nanya2 nih soal pengalamannya ke sana. saya dan keluarga rencana ke sana bulan juli 2013

Satriani Putri Juliantari said...

mbakk..itu kondisi tiket harga normal ato tiket promo?kalo tiket promo gt kira2 sama ga ya nasibnya?

Anonymous said...

Wah mba aku juga mau refund tiket promo Air asia soalnya re time, mau di batalin aja kontak CS nya ada gk mba?makasih

Ajeng Rani R said...

Mba Nunik, aku ada FB, klik link badge FB udah aku taro di blog :)

Mba Satriani, itu aku pake tiket promo kok mba. Soalnya perubahan ada di mereka, bukan di kitanya. Kalo kita yg minta perubahan jadwal, setahuku ga bisa direfund.

Anonymous, kontak CSnya ada di web airasia.com mba/mas..responnya cepet kok. Ini aku copasin call centre yg ada di web.
Indonesia
+62 21 2927 0999
Waktu Operasional: 6am - 10pm (GMT+7)
Setiap Hari

Winda said...

salam kenal mbak, saya winda.

Mau nanya mbak
kemarin saya dibeli'in tiket temen ke Korea. nama saya kan 2 suku kata "Winda Lestari" trus sama temen saya ditambahkan nama Bapak Saya di belakang jadi Winda Lestari Priyambodo. Itu saya posisi belum punya paspor. Nah waktu paspor saya jadi ternyata namanya cuma Winda Lestari. Itu kira2 bisa nggak nama di tiket saya Priyambodo-nya dihilangkan?

Makasih banyak mbak

Post a Comment