Saturday, January 07, 2012

Martabak Manis Keju Coklat

Gara2 banyak temen yang upload martabak manis, aku jadi pengen bikin juga. Bikinnya udah lama, waktu malam tahun baru kemarin. Sumber resep katanya dari mba Ayu Handayani, tapi aku ngublek2 dapurnya ga nemu..hihihi..akhirnya aku ngintip dari blognya mba Nina yang sempet nulis resepnya mba Ayu juga..aku copas resepnya ya mbaa..sedikit aku modif (cuma nambahin pelengkap aja siihh..) makasiihh.. :D
Oya, bikin ini ga harus pake loyang martabak manis, aku cuma pake wajan anti lengket biasa. Dan inilah hasilnyaaa..

Sepertinya kebanyakan keju.. :D

MARTABAK MANIS KEJU COKLAT

Bahan:
250 gr terigu protein sedang (misalnya segitiga biru)
350 ml susu cair UHT
2 sdm gula pasir
2 butir telur kocok lepas
1/2 sdt garam
1/2 sdt baking powder
1 sdt ragi instan

Filling:
Gula pasir
Keju cheddar parut
SKM (Susu Kental Manis)
Meises coklat

Cara Membuat:
Campur terigu bersama gula pasir, baking powder, ragi instan.
Tuang susu sedikit demi sedikit, aduk hingga rata
Masukkan telur, aduk rata dan tambahkan garam
Diamkan 30 menit, tutup dengan serbet bersih
Siapkan teflon, oles tipis dengan margarin dan panaskan sebentar
Tuang adonan ke dalam teflon, tunggu hingga mulai berlubang.
Setelah lubang-lubangnya mulai banyak, taburi gula pasir, tutup dan biarkan hingga matang
Setelah matang, angkat dan oles dengan margarin, taburi keju cheddar parut dan beri SKM
Lipat martabak menjadi 2 bagian dan potong2, bisa juga dua martabak ditumpuk baru dipotong.
Siap dinikmati.

Bwt bekal malam tahun baru kemarin..

12 komentar:

Rechan Wijaya said...

Alhamdulillah...akhirnya aq nemu jg resep martabak manis...soalnya aq br aja beli cetakan martabak..jd kan bs langsung praktek, siapa tahu nanti bs utk jualan...hehehe...makasih ya mbak Ajeng...:)

Ajeng Rani R said...

Alhamdulillah..ikut seneng dengernya mba..makasih ya :)
Ini aku ga pake cetakan, cuma pake wajan anti lengket biasa..hehe..

M. Kasyfi Lampung said...

waah enak ya
keep post gan..:D
bantu tambahkan visitor dan koment ya.. nanti saya koment balik :D
http://marvelous-adventure-inlampung.blogspot.com/

salam dari Penjelajah Blog Walking

Ajeng Rani R said...

Makasih udah mampir.. :)

soraya irnanda said...

hhmmm,, enaknyaa!!! kira2 resepnya untuk brapa teflon mbak? ijin share ya mbak...

Ajeng Rani R said...

Tergantung ukuran teflonnya mba..aku pake ukuran 16cm apa 18cm gitu (lupa pastinya) bisa dapet sekitar 4-5 buah martabak (tergantung tebal tipisnya juga) :)
Monggo kalo mau dishare mba, tapi kasih sumber linknya ya..hehe.. :D

ph03be said...

mba,aku punya kok ga berserat kyk gitu ya? cm bolong2 aja dalamnya. kocok adonannya brp lama ya?
stlh ditutup 30 menit dikocok lagi atau langsung dituang ke teflon aja?

Ajeng Rani R said...

Adonannya ngga dikocok kok mba, cuma diaduk rata aja, sampe ga bergerindil. Abis didiamkan 30 menit, aku aduk bentar trus langsung dituang ke teflon panas.

Anonymous said...

aku udah nyoba bikin,tp hasilnya kyk pancake,apa mungkin adonannya yg tengah pas dipanggang di teflon hrs di "muyer-muyer" dulu ke pinggir ya,biar pinggirannya ada adonan tipisnya kyk serabi...terus,nuang adonan ke teflon kl tll byk jd gosong (krn aku pke kompor listrik,pake watt yg kecil msh ttp gosong).Tp kl adonannya ga byk,ga gosong kok..rasanya mantap,maknyusss...kyk yg dijual di kedai.. Salam dari Negeri9 - ummu iyus-

Ajeng Rani R said...

Haii mba Fela..
Iya mba..dimuyer2 dulu biar adonannya ada tipis di pinggir. Hihihi dpt kosakata baru "muyer2" :D
Sun sayanh bwt Iyuz & Faiz yaa.. :*

Anonymous said...

he he..soalnya bingung nyari istilah yg tepat..OK,bsk kl bikin lg dimuyer2 dl yaa...:-)

Ajeng Rani R said...

Hehehe..sipp mbaa..^^
Btw bikin+nulis blog donk mba, kegiatannya Iyus ma Faiz di sana pasti menarik tuhh.. :D

Post a Comment