Wednesday, October 19, 2011

Strawberry Roll

Bikin ini udah lama, barengan sama PR LBT #8. Tapi baru upload sekarang. Resepnya aku dapet dari sini.
Berhubung baru pertama nyoba resep yang agak aneh seperti ini, aku coba bikin separuh resep aja:


Resep Dough (bisa buat roti atau pizza)
1 cup air hangat
3/4 sdm ragi instan
1/2 sdt garam
2 btr telur, kocok lepas
1/4 cup madu
1/4 cup unsalted butter, cairkan
3 1/2 cup tepung terigu serba guna

Filling:
Suka-suka big grin
(aku pake selai strawberry aja..)

Caranya:
Dalam wadah besar, campurkan telur, air, madu, metega cair, ragi dan garam. Aduk rata dengan sendok kayu. Masukkan tepung. Aduk rata...aduk terus sampai gak ada butiran tepung yang masih kering (lk. 1 menitan). Tutup (jangan gunakan airtight container). Kalo aku tadi ditutup pake plastik wrap aja. Masukkan kedalam kulkas semalaman atau hingga 4 hari. Semakin lama di kulkas, baunya akan semakin terasa di dalam kulkas, dan rasanya juga lebih enak.

PS : Kalau mau bisa dibiarkan mengembang dalam suhu ruang selama 2 jam diatas meja, ambil adonan yang akan dibuat rolls. Tapi tetap lebih enak yang didiamkan semalaman.

Cara membuat: 
Pertama, keluarkan adonan roti dari dalam kulkas, ambil adonan sebesar buah melon ukuran sedang. Masukkan kembali sisanya kedalam kulkas supaya dapat digunakan dilain waktu. Lumuri tangan dan adonan dengan tepung. Bentuk adonan menjadi bola dengan cara menarik dan dimasukkan kebawah adonan sehingga didapat adonan yang bulat. Biarkan adonan beristirahat ditutup dengan kain. Biarkan sebentar sementara menyiapkan filling dan toppingnya.

Taburi meja kerja dengan tepung, gilas adonan, oles dengan selai strawberry, gulung sambil dipadatkan, potong2, susun di loyang.

Panggang, sajikan dengan taburan gula halus.. winking

0 komentar:

Post a Comment