Friday, October 11, 2013

Pizza Lagi...Lagi-lagi Pizza :D

Masih ingat dengan saus daging bolognese sisa spaghetti yang kemarin sempet buat campuran Soup Macaroni? Nah, berhubung masih banyak dan ga mungkin saya campur semua dengan soup, akhirnya buat topping pizza deh...

Lama juga ga bikin pizza homemade, setelah terakhir bikin beberapa bulan yang lalu. Berhubung ga begitu kepengen langsung makan pizza, saya bikin pake resep terakhir, yang simpel cuma aduk-aduk tapi harus didiamkan cukup lama, baik di suhu ruang maupun di kulkas.

Kalo lagi rajin begini nih, hampir tiap hari nguplek di dapur, bikin jajanan, poto-poto, dan upload di blog. Tapi kalo lagi males...waaahhh...cuma masak seadanya, kamera dianggurin, dan blog dibiarin sampe berdebu. Dan hasrat untuk pamer update blog pun menghilang.

Halah..malah jadi ngelantur :D

Baiklah, resepnya saya tulis ulang di sini yaa...
Resep Dough Pizza

Bahan:
150 ml air hangat
2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur biasa
1 sdt ragi instan, pastikan fresh dan cek kadaluarsanya
½ sdt garam
180 gr tepung terigu protein tinggi (misal merk Cakra Kembar)

Topping:
Saus tomat, saus daging bolognese, paprika merah, bawang bombay, tomat, keju cheddar parut, keju quick melt parut, keju slice (iyaaa..emang pake 3 macam keju :D)

Cara Membuat:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan ragi, minyak zaitun dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai semuanya tercampur rata. Airnya ga harus habis, kalau dirasa udah cukup basah hentikan penambahan air.

Tutup mangkuk dengan kain bersih, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan biarkan 1-2 jam lagi dengan posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diistirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap.
Selama adonan diistirahatkan, siapkan saus dan toppingnya.

Menata pizza:
Panaskan oven, siapkan loyang (aku pake loyang teflon bulat diameter 30cm). keluarkan adonan pizza dari kulkas, letakkan di atas loyang. Tekan-tekan adonan menggunakan ujung jari hingga melebar dan memenuhi loyang. Usahakan setiap permukaan adonan memiliki ketebalan yang sama. Adonan lembek, tidak lengket, dan mudah diatur. Tusuk-tusuk dengan garpu. 

Oleskan adonan dengan saus tomat, gunakan kuas untuk mempermudah pekerjaan. Kalau ga ada kuas, bisa pake ujung spatula plastik. Tata topping di atasnya, untuk urutannya: keju parut, saus daging, paprika merah, bawang bombay, keju cheddar parut, keju quick melt parut, keju slice yang dipotong kotak kecil.

Panggang pizza selama 20 menit (tergantung oven masing-masing) atau sampai roti terlihat mulai kecoklatan dan kering permukaannya. Keluarkan dan potong-potong selagi hangat.

Fresh from the oven
A slice of pizza

Selamat mencobaa.. ^^

1 komentar:

firose adelia said...

salam kenal mba ajeng,pizza nya cantik,bikin iri,sy ga bisa buat gt..hehe

Post a Comment