Saturday, October 05, 2013

(Gluten-free) Cheese Vegetable Cake

Judulnya (lagi-lagi) dibikin keren, soalnya kalo dikasih judul Cake Caisim Keju kok kayanya kurang greget. Hehee..

Udah lama juga ga bikin gluten-free cake. Makanya waktu Mba Sheila share Cake Bayam Keju yang free gluten, jadi penasaran pengen bikin juga. Berhubung di kulkas ga ada bayam, akhirnya pake caisim. Hihihi...alhamdulillah Mba Yani (tetangga selisih dua rumah) abis panen caisim, trus dapet jatah deh. Makasih ya mbaa.. :D

Tadinya sempat ragu, bisa ga ya bayamnya diganti caisim? Tapi ga bakal tau kalo ga dicoba kan? Bismillah..jadi juga deh cakenya. Menurut saya sih enak, ga ada aroma caisim, malah muncul aroma yang (mirip) green tea. Nah lho?


Udah lama bikinnya, tapi baru sempet upload sekarang. Karena caisimnya cuma ada 100gr (sementara di resep asli butuh bayam 150gr), akhirnya resep ini saya konversi dan modifikasi menjadi seperti ini:
(Gluten-free) Cheese Vegetable Cake

Bahan-bahan:
2 butir telur
80 gr tepung beras
20 gr tepung custard (aslinya tepung maizena, baru nyadar kalo ternyata tepung maizenanya abis, akhirnya coba-coba pake tepung custard)
70 gr gula pasir (untuk yang suka cake manis, gulanya bisa ditambah)
70 ml minyak sayur
100 gr daun caisim yang sudah dipotong-potong dan dicuci bersih
40 gr keju cheddar parut (aslinya pakai cream cheese, biar lebih ngeju mungkin bisa ditambah takarannya)

Cara Membuat:
  1. Panaskan oven, api sedang aja. Siapkan loyang persegi ukuran 18 x 18cm, olesi mentega dan alasi dengan kertas roti.
  2. Blender daun caisim dengan minyak sayur. Kalau bisa, daun caisim sebelum diblender dirajang agak halus untuk memudahkan proses nge-blendernya. Karena kemarin waktu saya bikin, agak susah ngeblendernya, sampai beberapa tahapan dan harus ditambah sedikit air.
  3. Tambahkan keju cheddar parut, blender lagi sampai rata. Sisihkan.
  4. Campur tepung beras dan tepung custard, ayak. Sisihkan.
  5. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi sampai adonan mengembang dan pucat. Matikan mixer. Masukkan campuran tepung, aduk rata dengan spatula. Bisa diaduk pakai mixer kecepatan paling rendah, tapi berhubung mixer saya agak aneh (kecepatan paling rendah aja kaya kecepatan sedang), jadinya saya aduk dengan spatula.
  6. Masukkan campuran caisim+minyak+keju, aduk rata kembali tapi jangan terlalu lama mengaduknya.
  7. Tuang adonan ke dalam loyang, panggang hingga matang.
Buat yang pengen nyemil cake sehat, ini wajib dicoba. Cake ini enak dimakan hangat-hangat. Berhubung menurut saya kurang manis, jadi makannya ditaburi gula donat :D

Kalau sisa, bisa disimpan di wadah tertutup agar cakenya tetap lembab. Tapi kalau udah menginap, teksturnya menjadi agak kering.

Selamat mencoba yaaa.. ^^

0 komentar:

Post a Comment