Saturday, July 13, 2013

Pizza Fauzia

Suka banget sama cemilan satu ini. Apalagi kalo bikin sendiri, toppingnya bisa suka-suka. Tergantung persediaan yang ada di rumah aja.. Banyak resep dough pizza yang udah aku coba. Dan setiap ada resep pizza yang menarik, pengennya nyobain. Dan kalo cocok ditulis di sini.. :)
Tapi udah lama banget ga bikin pizza homemade. Karena memang lagi baking blue juga. Pas lagi liat-liat memo pad di BB, liat resep pizza dough dari temen FB namanya Teh Fauzia. Jadi judul pizza kali ini Pizza Fauzia :D

Barusan dapet konfirm dari Teh Fauzia, katanya ini resep aslinya dari blog JustTryandTaste.com :D


Resep dough (adonan) nya simpel, ga perlu cape nguleni.  Makasih resep dough nya ya Teh..recommended buat dicoba nih. Aku tulis di sini ya…

Dough Pizza Fauzia
150 ml air hangat
2 sdm minyak zaitun atau minyak sayur biasa
1 sdt ragi instan, pastikan fresh dan cek kadaluarsanya
½ sdt garam
180 gr tepung terigu serba guna atau protein tinggi (misal merk Segitiga Biru atau Cakra Kembar – aku pakai cakra)

Untuk topping dan sausnya suka-suka aja. Kali ini aku cuma pake saus tomat aja (lebih enak pake saus bolognese, bisa homemade atau instan). Dan untuk toppingnya kali ini aku pake sosis, paprika ijo, bawang bombay, dan dua macam keju parut: cheddar & quick melt.
Sekarang bikin dough pizzanya dulu yaa..

Cara Membuat:
Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu dan garam, aduk rata dengan spatula. Masukkan ragi, minyak zaitun dan air sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai semuanya tercampur rata. Airnya ga harus habis, kalau dirasa udah cukup basah hentikan penambahan air.

Tutup mangkuk dengan kain bersih, biarkan di suhu ruang selama 1 jam hingga mengembang. Masukkan adonan ke dalam kulkas dan biarkan 1-2 jam lagi dengan posisi tertutup kain. Adonan boleh didiamkan di kulkas maksimal hingga 7 jam. Semakin lama adonan diistirahatkan maka roti akan terasa semakin sedap.
Selama adonan diistirahatkan, siapkan saus dan toppingnya. Jangan lupa panaskan oven :)

Menata pizza:
Panaskan oven, siapkan loyang (aku pake loyang teflon bulat diameter 30cm). keluarkan adonan pizza dari kulkas, letakkan di atas loyang. Tekan-tekan adonan menggunakan ujung jari hingga melebar dan memenuhi loyang. Usahakan setiap permukaan adonan memiliki ketebalan yang sama. Adonan lembek, tidak lengket, dan mudah diatur. Tusuk-tusuk dengan garpu. 

Oleskan adonan dengan saus, gunakan kuas untuk mempermudah pekerjaan. Kalau ga ada kuas, bisa pake ujung spatula plastik. Tata topping di atasnya, tabur dengan keju parut.
Panggang pizza selama 20 menit (tergantung oven masing-masing) atau sampai roti terlihat mulai kecoklatan dan kering permukaannya. Keluarkan dan potong-potong selagi hangat. 

Selamat mencobaa.. ^^

0 komentar:

Post a Comment