Thursday, October 17, 2013

Manisan Mangga Muda


Kenapa ya mangga muda identik dengan ngidamnya ibu hamil?
Saya mah, belum hamil juga doyan banget sama mangga muda. Sayang suami kali ini ga satu selera. Dia ga suka makan yang rasanya asem kaya mangga muda. Yogurt juga ga suka. Err..yogurt yang rasanya manis, dia baru suka.

Kok malah ngebahas yogurt?

Balik ke mangga muda. Kebetulan pohon mangga di kantor suami lagi berbuah banyaaakk. Dan buahnya bisa diambil dengan mudah, ga perlu manjat ataupun pake bambu panjang. Kemarin abis metik sendiri donk...udah kebayang mau bikin macem-macem. Ada manisan mangga muda, sambel mangga muda, ikan goreng saus asam manis mangga muda.. *ngetik sambil ngiler*

Eksekusi pertama, manisan mangga muda aja yang gampang.


Manisan Mangga Muda

Bahan:
1 buah mangga muda ukuran sedang, kupas dan iris sesuai selera
3 bh cabe merah, iris serong (pedasnya bisa disesuaikan selera)
4 sdm gula pasir (manisnya sesuaikan selera ya..)
Sedikit garam
600 ml air

Cara Membuat:

Rebus air, garam dan gula pasir sampai mendidih, tambahkan irisan cabe merah. Rebus sebentar, cicipi, matikan api.


Nah, setelah itu ada dua cara:
- Yang pertama, mangga mudanya bisa langsung dimasukkan, dan diamkan sampai dingin. Nanti hasilnya air mangga lebih asem rasanya daripada mangganya. Mangga mudanya jadi agak lembek dan ga keras. Warnanya berubah agak kekuningan.
- Yang kedua, tunggu airnya dingin dulu, baru masukkan mangga mudanya. Diamkan semalaman di kulkas. Kalau pake cara yang ini, tekstur mangga mudanya masih keras dan rasanya masih asem banget.

Terserah lebih suka yang mana. Saya sih suka semuanya :D
Atau bisa mangganya dibagi dua, sebagian dimasukkan ketika airnya masih panas, sebagian lagi ketika airnya udah dingin. Yang pasti, dimakannya kalo udah dingin yaa..


Lebih enak kalo dingin. Duh..ngiler lagi kaann.. :D

0 komentar:

Post a Comment