Thursday, September 05, 2013

Donat Kentang Empuk ala Naura Cakes

Apa yang ada di pikiran kalau mendengar “DONAT KENTANG”? Kalau saya pribadi, langsung kebayang donat empuk bertabur gula halus. Donat kentang memang identik dengan donat yang empuk, nggak seret. Enak deh pokoknya.

Beberapa kali nyobain resep donat kentang NCC yang pernah diposting di sini alhamdulillah selalu berhasil. Kali ini nyobain resep donat kentang ala Naura Cakes (dapet resepnya dari group BB), penasaran pengen tau hasilnya kaya apa. Secara resep yang ala Naura ini irit telur tapi lebih banyak kentang. Dan hasilnyaa..menurut saya lebih empuk.

Ini kedua kalinya nyobain donat kentang ala Naura. Yang pertama, nggak sempet difoto karena cepet abisnya. Yang ini aja foto seadanya asal njepret. Unruk taburannya cukup dengan gula donat, karena suami lebih suka donat klasik dengan taburan gula seperti ini.

Buat yang pengen tau resepnya, saya tulis di sini ya..
Untuk resep yang saya tulis ini full satu resep. Biasanya saya bikin setengah resep, karena hasilnya udah cukup banyak. Bahkan ada yang saya goreng setengah matang untuk kemudian disimpan di freezer.

Donat Kentang Empuk ala Naura Cakes

Bahan A:
500 gr tepung terigu protein tinggi/sedang
75 gr gula halus
250 gr kentang kukus, haliskan

Bahan B:
11 gr ragi instan
150 ml air hangat suam-suam kuku
1 sdt gula pasir
*masukkan ragi dan gula ke dalam air hangat, aduk sampai larut dan biarkan hingga mengembang dan berbuih, sekitar 5-10 menit. Ini juga untuk mengetahui apakah ragi yang dipakai masih aktif atau tidak.

Bahan C:
2 kuning telur
75 gr margarin
Garam secukupnya

Tambahan dari saya:
Gula donat untuk taburan

Cara Membuat:
  1. Campur bahan A, aduk dengan tangan hingga tercampur rata.
  2. Masukkan bahan B, uleni sebentar hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan bahan C, uleni hingga lembut dan kalis.
  4. Diamkan adonan kurang lebih 30 menit (saya tidak berpatokan pada waktu, tapi tunggu sampai  adonan mengembang 2x lipatnya - rani).
  5. Kempiskan adonan, timbang adonan sesuai selsera, diamkan lagi hingga mengembang.
  6. Sementara itu panaskan minyak, lubangi dan bentuk adonan (biasanya saya pakai sumpit - rani) lalu goreng sambil diputar-putar tengahnya menggunakan api kecil hingga kecoklatan.
  7. Angkat, tiriskan, taburi gula donat.
Ini yang belum digulain.

Owh..buat yang pengen bikin setengah resep, sekalian ditulis aja deh..

Bahan A:
250 gr tepung terigu protein tinggi/sedang (percobaan pertama full terigu protein tinggi, percobaan yang ini 150 gr protein tinggi, 100 gr protein sedang karena protein tingginya habis)
40 gr gula halus
125 gr kentang kukus, haliskan

Bahan B:
1 ½ sdt ragi instan
75 ml air hangat suam-suam kuku
½ sdt gula pasir
*masukkan ragi dan gula ke dalam air hangat, aduk sampai larut dan biarkan hingga mengembang dan berbuih, sekitar 5-10 menit. Ini juga untuk mengetahui apakah ragi yang dipakai masih aktif atau tidak.

Bahan C:
1 kuning telur
40 gr margarin
Garam secukupnya

Selamat mencoba ya..dijamin enak deh donatnya.. ^^

2 komentar:

Anonymous said...

udah nyoba bikin & ternyata donatnya yummy... :-) empuuuukk banget...udah kerasa pas nguleni adonannya,teksturnya lembut.. Ga pake taburan gula ato topping apapun jg udah enak rasanya,udah terasa manis & gurihnya.

Ajeng Rani R said...

Iyaa bener mba, resep ini oke bgt deh pokoknya..thanks bwt NauraCakes ^^

Post a Comment