Tuesday, September 10, 2013

Ubi Ungu, Ternyata Banyak Khasiatnya...

Ada yang hobi makan ubi? Hampir semua orang suka ubi, dan jarang sekali saya menemukan orang yang tidak suka ubi. Mungkin karena lidah kita sebagai orang Indonesia cocok dengan rasa dan tekstur ubi ini.

Ada banyak macam ubi yang beredar di pasaran. Ada ubi cilembu, ubi putih, ubi kuning, ubi ungu, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berhubung di rumah lagi ada banyak ubi ungu, jadi saya pengen nulis tentang ubi ungu ini. Kebetulan ubi ungu itu salah satu ubi favorit, selain rasanya enak, warnanya juga cantik..kalo diolah jadi jajanan, ga perlu ditambah pewarna, udah menarik.

Dulu pernah bikin Roti Ubi Ungu dan Donat Ubi Ungu. Dan waktu browsing-browsing, nemu banyak banget resep olahan ubi ungu dan juga khasiat ubi ungu.
Selain enak, ternyata ubi ungu ini banyak khasiatnya lho..di antaranya:

  1. Ubi ungu mengandung banyak vitamin, dari vitamin A, vitamin B Kompleks, dan vitamin C. 
  2. Meskipun ada rasa manis pada ubi ungu, tapi ternyata ubi ungu ini bisa untuk pengganti nasi atau karbohidrat pada penderita penyakit diabetes. Berarti ubi ungu ini cukup aman untuk dikonsumsi oleh diabetisi (sebutan untuk penderita penyakit diabetes).
  3. Seperti wortel, ubi ungu juga mengandung betakaroten yang bagus untuk retina mata. Untuk pengolahan ubi ungu dengan cara perebusan, hanya merusak 10% kadar betakaroten. Kalau untuk penggorengan atau pemanggangan di dalam oven, 20%. Tapi untuk penjemuran bisa menghilangkan 40% kandungan betakaroten. Jadi untuk keripik ubi ungu udah banyak betakaroten yang hilang.
  4. Ubi ungu juga mengandung antioksidan yang tinggi, jadi bisa melindungi tubuh kita dari serangan radikal bebas.
  5. Di dalam ubi ungu, ada kandungan aktif zat selenium dan iodin yang 20% lebih tinggi daripada ubi lainya, jadi ubi ungu bisa mengobati atau menjadi antikanker.
  6. Ubi ungu bisa membantu mengatasi asma, sehingga tidak sering kambuh.
  7. Karena mengandung karbohidrat kompleks, konsumsi ubi ungu yang berlebihan bisa menambah berat badan.
  8. Membantu mengeluarkan angin #eh? Hehe..sebenernya ga cuma ubi ungu aja, tapi semua ubi sepertinya bisa menyebabkan buang angin. Kenapa ini termasuk dalam khasiat? Karena kalau susah buang angin itu rasanya ga karuan. Jadi bersyukurlah mereka yang mudah buang angin.. :D (lha kok jadi ngelantur begini sih.. x_x)

Monggo kalau ada yang mau menambahkan khasiat ubi ungu..
Saya mau masuk dapur duluuu..yuk daaahhhh.. ^^



0 komentar:

Post a Comment