Wednesday, August 10, 2011

Soto Ayam Minimalis

Waktu itu suamiku pernah request soto, trus aku bikinin pake bumbu instan..hehe..awalnya dia ga tau tapi akhirnya aku bilang juga.. big grin

Kemarin pas jalan2 ke blog PAWONOMAH nemu resep soto mie, trus pengen nyobain, itung2 bwt "nebus dosa" karena waktu itu bikinin soto pake bumbu instan..

Karena baru pertama kali bikin soto, aku nyobain setengah resep dulu..tapi toppingnya ga kaya soto mie, cuma suwiran ayam, soun, tauge & daun bawang aja. Bener2 minimalis..

Untuk yg pengen tau resep aslinya bisa langsung ke blog itu, yg aku tulis di sini yg aku bikin kemarin:


Bahan soto :
1/4 kg ayam & tulangnya (untuk bikin kaldu)
3 lmbr daun jeruk
1 btg sereh, memarkan
5 cm jahe, memarkan
2,5 ltr air untuk merebus

Bumbu halus soto:
10 bh bawang putih
8 bh bawang merah
2 cm jahe
1 sdt ketumbar
1/2 sdt merica
6 cm kunyit (bisa ditambah biar kuningnya cantik)

Pelengkap:
Ayam yg sudah digoreng kemudian disuwir-suwir. Atau kalau suka daging sapi bisa juga pake daging.

Cara membuat:
1. Rebus ayam dalam air mendidih.
2. Sambil menunggu ayam agak empuk & mengeluarkan kaldu, tumis bumbu halus, daun jeruk, jahe, sereh & lengkuas hingga harum & matang.
3. Masukkan dalam air kaldu yg sedang mendidih. Tambahkan garam & gula. aduk, biarkan bumbu & kaldu menyatu. Angkat, sisihkan

Maaf ya sayang..kemarin sotonya minimalis banget, insya Allah ntar dibikinin soto yang komplit deh.. winking

0 komentar:

Post a Comment