Friday, February 11, 2011

LBT #2 - Baked Macaroni 'n Cheese



Bismillah..beneran ga pede upload ini T_T tapi gapapa deh namanya juga lagi belajar.. happy

Macaroni panggang ini pake resep dari sini tapi udah dimodif sesuai dengan ketersediaan bahan di rumah..

Baked Macaroni 'n Cheese

Bahan:
125 gr macaroni elbow, rebus 3/4 matang (masukkan 1 sdm minyak goreng)
100 gr cheddar cheese, potong dadu (diparut juga boleh, tapi lebih berasa kalo dipotong dadu)
100gr daging cincang
1bh wortel iris halus
Jamur merang iris secukupnya

Tumis sampai wangi:
1 buah bawang bombay ukuran kecil, rajang
1 siung bawang putih cincang
Margarin secukupnya untuk menumis

Bumbu:
Kaldu bubuk rasa sapi secukupnya
Gula pasir secukupnya
Bubuk Merica dan Pala secukupnya

Aduk rata:
300 cc susu UHT full cream
3 butir telur ukuran kecil kocok lepas

Topping:
1 sdm margarine
1 sdm tepung terigu
125 cc susu cair
garam, merica, dan lada hitam secukupnya
Keju cheddar & keju quick melt parut


Cara Membuat:

- Panaskan kukusan beserta airnya, lapisi tutupnya dengan serbet untuk mencegah air menetes ke dalam kukusan.
- Tumis bawang sampai wangi, masukkan daging giling dan wortel. Lalu masukkan bumbu, jangan lupa cicipi sesuaikan dengan selera.
- Macaroni yang sudah direbus sampai 3/4 matang (jangan kelamaan supaya tidak lembek), diangkat lalu tiriskan.
- Masukkan Macaroni ke campuran susu dan telur, aduk rata. Lalu masukkan tumisan daging, aduk rata.
- Masukkan keju, aduk rata. Tuang ke wadah aluminium foil atau wadah apapun yang tahan panas.

Siapkan topping:
- Lelehkan margarine, masukkan terigu, aduk cepat sampai rata.
- Tuang susu sedikit demi sedikit sambil diaduk cepat agar tidak menggumpal.
- Tambahkan garam dan merica.

Penyelesaian:
- Tuangkan topping lalu taburi keju.
- Panggang sampai atasnya kecoklatan.

Note:
Resep asli dikukus dulu baru dipanggang, tapi aku langsung dipanggang.

2 komentar:

Lucky Sixty said...

ran, itu kalo dkukus dulu trus dpanggang jadi nya gmana ik?
klo dkukus dl brapa lama?trus dpanggang nya brapa lama?
heheh..maklum, open ku kaca ne bureng jd gbs diintik udah coklat ato blum :D

ranee said...

Itu dikukus sampe mateng, dipanggang cuma biar ada efek keju keringnya aja..sebenernya kalo udah dikukus ga usah dipanggang juga gpp, kan udah mateng..hehe..

Post a Comment