Thursday, May 22, 2014

Homemade Bakso Tuna

Assalamu'alaikum..

Ini percobaan pertama bikin bakso tuna, setelah kemarin-kemarin bikin bakso ayam dan bakso sapi. Kebetulan waktu jalan-jalan ke hypermart, ada promo tuna segar diskon 50%, ga pake mikir lama, langsung beli deehh..hihihi. Abisnya kalo harga normal, tuna segar mahal bingiiitt di mari. Sekilonya sekitar 115rb, biasanya udah dikemas kecil-kecil sih ga harus beli sekilo, tapi tetep aja, harga mihil dapetnya secuil.

Suka belinya, tapi bingung mau dimasak apa. Sampe akhirnya kepikiran buat bikin bakso tuna, selain karena bisa buat campuran macem-macem, bisa difrozen juga biar lebih tahan lama. Bisa jadi menu darurat kalo males masak. Hehe..


Untuk resepnya, hasil mengarang indah. Dan ternyata untuk percobaan pertama ini bisa dibilang lumayan berhasil. Bentuknya bulat bagus, rasanya enak, cuma teksturnya empuk dan lembut. Ga kenyal seperti yang dibayangkan. Saya tulis dimari ya resepnya..

Bakso Tuna
ala cumapemula

Bahan:
210gr ikan tuna (packingan dari hypermart segitu)
50gr daging paha ayam tanpa tulang (kebetulan ada di kulkas)
2 buah putih telur ayam kampung
2 siung bawang putih, haluskan
1/2 sdt merica butiran, haluskan
Garam dan gula pasir sesuai selera
3 kotak es batu (diambil dari ice tray ukuran standar)
3 sdm tepung tapioka

Cara Membuat:

  1. Campur jadi satu semua bahan kecuali tepung (pake chopper). Taruh di baskom, masukkan tepung, aduk rata.
  2. Didihkan air di panci, matikan api atau gunakan api kecil. Ambil adonan secukupnya, bentuk bulat dengan menggunakan dua buah sendok, langsung cemplungkan ke dalam panci. Masak sampai mengapung.

Adonan baksonya
Pake api sekecil ini.. 
Bakso yang belum mengapung berarti belum matang.
Bakso yang udah ditiriskan
Tekstur baksonya
Untuk kuahnya, saya cuma pake air rebusan bakso ditambah bawang putih, merica dan garam.
Selamat mencobaa..

1 komentar:

Abimayu Galang said...

Itu pakai mesin pembuat bakso nggak gan? :D

Post a Comment