Sunday, December 11, 2011

LBT #11 - Rainbow Tres Leches Cake


Alhamdulillah..sampai juga di tantangan ke-11 LBT alias Let's get Baking Together. Event bulanan untuk pecinta baking yang diselenggarakan *duh bahasanya* di FB ini makin lama makin banyak anggotanya lho.. winking dan setiap bulan selalu ada tantangan yang bikin anggotanya jadi lebih pinter.. big grin

Tantangan bulan ini adalah TRES LECHES CAKE. Pertama kali nyebut namanya sempet belibet. Tapi sebenernya udah pernah denger nama cake itu sebelumnya. Gara-gara sering main game FB Baking Life. Hehehe..

Jadi, sebenernya, tres leches cake itu cuma sponge cake biasa yang disiram 3 macam susu dan diberi topping seperti cream cheese frosting!! Wow!! Pas banget buat pecinta susu seperti saya..hihihi.. big grin. Naahh..ceritanya saya pengen bikin tres leches cake yang agak berbeda, dengan nuansa pelangi, just like a rainbow cake. Dengan 3 lapisan berwarna merah, kuning dan hijau, tapi ternyataaa..setelah cakenya jadi, lapisan itu nyampur dan beginilah, ga seperti yang dibayangkan.. laughing

Penampakan bagian dalamnya:
Lihatlah..malah kaya cake yang kelunturan.. big grin

Ah ya sudahlah..yang penting rasanya enaakk..dan inilah resep Rainbow Tres Leches Cake ala CumaPemula, ehm..memang agak panjaaaaangg resepnya.. winking

Rainbow Tres Leches Cake

Bahan A:
80 gr tepung terigu
1/2 sdt baking powder
Sejumput garam

Bahan B:
100 gr gula pasir
3 kuning telur
50 ml susu cair
1/4 sdt essence vanila susu L'arome

Bahan C:
3 putih telur
20 gr gula pasir

Bahan D:
150 ml susu evaporasi
100 ml susu kental manis
30 ml krim kental
(campur jadi satu, aduk rata)

Cream Cheese Frosting Gadungan big grin:
120 gr keju parut ~ kurang berasa kejunya, mungkin bisa ditambah kalo yang lebih suka keju
100 ml susu cair
100 gr whippy bubuk
200 ml air dingin

Cara Membuat:

1. Panaskan oven. Oles loyang dengan margarin tipis2 dan taburi tepung terigu. Sisihkan.
2. Ayak bahan A, sisihkan.
3. Siapkan bahan B, kocok kuning telur dan gula pasir hingga kental dan berwarna pucat. Tambahkan susu cair dan essence vanila, kocok kembali hingga tercampur rata.
4. Tuang bahan B ke dalam bahan A, aduk balik menggunakan spatula karet secara perlahan sampai tercampur rata.
5. Siapkan bahan C, kocok putih telur dengan kecepatan tinggi hingga mengembang, kemudian masukan gula pasir. Kocok kembali hingga SOFT PEAK. Jadi masih terlihat lembut dan creamy tapi tidak kaku.
6. Masukan 1/3 adonan tepung kedalam adonan putih telur dengan menggunakan spatula, aduk rata. Kemudian masukkan kembali campuran putih telur tadi ke dalam adonan tepung. Tehnik ini disebut tehnik pancing agar adonan dapat tercampur sempurna. Aduk adonan perlahan dengan cara diaduk balik sampai tercampur rata.
7. Tuangkan adonan kedalam loyang. Panggang selama 45 menit (tergantung oven masing2), gunakan dengan test tusuk untuk mengetahui cake sudah matang atau belum. Angkat loyang kue dan biarkan dingin selama kurang lebih 1/2 - 1  jam.
8. Setelah cake dingin, tusuk - tusuk perlahan permukaan cake dengan menggunakan tusuk gigi atau garpu, di beberapa bagian. Hal ini bertujuan agar susu bisa meresap sempurna ke dalam cake. Secara perlahan siramkan campuran bahan D..(saat di siramkan, cake masih di dalam loyang).
9. Masukkan cake ke dalam lemari es dan biarkan susu sampai betul - betul menyerap ke dalam cake sampai kurang lebih 8 jam (semalaman). Dengan begitu susu akan terserap baik dan tekstur cake akan lebih lembut dan berongga.

Cara Membuat Cream Cheese Frosting Gadungan:
1. Panaskan susu cair dan keju parut, aduk rata sampai keju larut, dinginkan.
2. Kocok whippy bubuk dengan air dingin sampai mengembang kaku, masukkan campuran keju susu, kocok kembali sampai rata. Siap digunakan.

Penyajian:
Berikan frosting diatas cake merata atau dapat menggunakan spuit, potong - potong (atau bisa juga setelah cake di potong terlebih dahulu lalu di berikan frosting), sajikan di atas piring dan beri hiasan buah cherry atau lainnya.

0 komentar:

Post a Comment