Monday, May 12, 2014

LBT #32 - Pretzel Bread

Assalamu'alaikum..

Alhamdulillah, setelah sekian lama bolos bikin PR LBT (terakhir bikin dan setor itu PR ke 23! Udah lama banget yaa), akhirnya di bulan ini saya mengerjakan PR-nya!! Maapkeun buat ibu host dan teman-teman seperjuangan, entah kenapa mood untuk setor PR kok selalu naik turun.

Sebenernya saya sempat mengerjakan PR LBT sebelumnya, seperti Tortilla dan Biscotti, tapi cuma foto pake HP aja, dan hasilnya kurang memuaskan. Jadinya nggak disetor dehh.. Untuk PR kali ini, penasaran pengen tau gimana rasanya, karena ada proses adonan direbus dengan larutan baking soda. Dan berusaha setor tepat waktu. Tapi apa daya, karena banyak hal, akhirnya telat juga setornya..

PR bulan ini temanya Pretzel Bread, yang katanya roti khas Jerman. Selengkapnya baca di Mbah Wiki aja ya..hehehe..


Belum pernah makan pretzel bread, dan nggak kebayang gimana rasanya. Karena dari hasil browsing, ada yang bilang chewy, ada yang bilang krispi. Yang saya bikin teksturnya kaya roti. Empuk. Apa ini pretzelnya salah ya? Tapi enak sih..cuma kok ada sedikit perasaan bersalah mengingat ada proses merebus adonan dengan larutan baking soda..

Untuk resepnya, saya lihat di blog ini, karena takarannya gram dan dalam skala kecil, jadi ga repot untuk merubah-rubah. Cukup ikuti aja resepnya. Cuma sedikit dimodifikasi karena takaran baking sodanya banyak banget.. Hehe..thanks ya mba yang punya blog buat resepnya..

Yuk yang penasaran sama pretzel bread, bikin yuukk..


Pretzel Bread

Bahan:
250 gr tepung terigu protein tinggi
1/2 sachet ragi instan (saya pakai yang satu sachetnya isi 12 gr)
175 ml susu cair hangat
4 sdm gula pasit
1/2 sdt garam
2 sdm mentega/margarin, lelehkan

Foam
700 ml air
50 gr baking soda

Topping (bisa sesukanya)
Gula Pasir 
Kayu Manis Bubuk
Matcha
Almond
Poppy seed
Telur 1 butir kocok dengan sedikit air

Cara
  1. Campur susu cair hangat, gula pasir, dan ragi instan. aduk rata dan diamkan 10-15 menit.
  2. Campur terigu, garam, mentega cair. Aduk hingga merata.
  3. Masukkan larutan ragi ke campuran tepung, uleni hingga menjadi adonan yang kalis. Lumuri dengan sedikit minyak, tutup rapat dengan plastic wrap, dan diamkan selama 2 jam di tempat hangat (di dalam oven yang mati) hingga mengembang.
  4. Bagi adonan menjadi 6. Ini cara membentuknya: gulung adonan memanjang, bentuk huruf U, lalu tarik kedua ujungnya ke bagian dalam dan tekan. 
  5. Foam: Didihkan air lalu masukkan baking soda, setelah mendidih kecilkan api. Jaga agar larutan ini tidak sampai mendidih saat nanti digunakan. Hati-hati ketika memasukkan baking sodanya ya.. Saya terlalu bersemangat sampai airnya meluap dan desisannya bikin gemeteran.. >_<
  6. Masukkan adonan pretzel yang sudah dibentuk ke dalam larutan baking soda, one at a time. Biarkan mengembang selama 1 menit (hanya 1 menit!), segera angkat dan tiriskan. Lakukan hal yang sama pada sisa adonannya.. ==> ketika saya ikuti step ini, bentuk pretzelnya jadi nggak beraturan. Untung cuma satu aja buat percobaan. Dan sisa pretzel saya panggang sebentar sekitar 5 menit baru kemudian direbus untuk menjaga bentuknya.
  7. Atur adonan preztel yang sudah di-foam pada loyang yang sudah diolesi mentega.
  8. Oleskan telur yang sudah dikocok dengan sedikit air secara merata pada adonan pretzel. Beri topping sesuai selera.
  9. Panggang dalam oven dengan suhu 175 derajat celcius selama kurang lebih 12-15 menit.
Bentuknyaaa acakadut.. x_x
Waktu direbus dengan larutan baking soda
Pojok kiri atas percobaan pertama abis dibentuk langsung direbus. Jadi makin acakadut
Sambil minum es markisa. Segernyaaa..
Ini tekstur pretzelnyaa..
Oya, setelah pretzelnya matang, ga sabar panas-panas pengen langsung dicicipin. Tapi kok rasanya pahit ya? Udah deg-degan aja ini kenapaa? Apa pretzelnya beracun? Ga layak makan? Ternyata setelah dingin, coba dimakan lagi rasanya baik-baik aja. Apa efek pahitnya itu karena masih panas? Entahlah.. Yang pasti ketika dimakan besoknya, masih enak kok..

Btw, thanks LBT buat ilmu barunya yaa.. ^^

0 komentar:

Post a Comment