Tuesday, October 16, 2012

Rainbow Cake


Wew..
Latah juga bikin rainbow cake :D
Abisnya penasaran sih..

Bikin ini udah lama, bulan Juni kemarin. Karena blogging blue akhirnya baru bisa dishare sekarang.

Fotonya juga seadanya, karena dari HP aja. Tapi gpp deh..yang penting ada kenang-kenangannya..

Resepnya aku lupa dapet dari mana, tapi aku modifikasi dan bikin setengah resep aja. Hasilnya 6 lapis rainbow cake dengan diameter 15cm.


Rainbow Cake

Bahan:

4 butir telur
140 gr gula pasir
140 gr tepung terigu
1/2 sdt emulsifier
1/2 sdt vanila susu bubuk L'arome
150 ml minyak goreng
Pewarna merah, kuning & biru (iya, aku cuma pake 3 warna aja, berbekal pelajaran kesenian waktu sekolah dulu, warna orange bisa didapat dari warna merah+kuning, warna hijau bisa didapat dari kuning+biru, dan warna ungu bisa didapat dari warna merah+biru).

Frosting White Lemon Ganache:

50 gr whip cream bubuk
100 ml air matang
50 gr white cooking chocolate (WCC)
50 gr wcc rasa lemon

Cara Membuat Cake:

1. Panaskan kukusan, siapkan loyang bulat diameter 15 cm (aku cuma pake 2 loyang, jadi gantian. Baiknya sih 6 loyang), beri kertas roti, oles margarin, timbang.
2. Siapkan bowl untuk mengocok, timbang.
3. Kocok telur, emulsifier, dan gula hingga putih kental dan berjejak.
4. Masukkan tepung terigu dan vanila susu, aduk rata pakai spatula.
5. Tambahkan minyak sedikit demi sedikit, aduk rata lagi.
6. Timbang adonan, bagi jadi 6.
7. Beri pewarna, kukus satu persatu loyangnya sekitar 5-10 menit.
8. Keluarkan dari loyang, dinginkan.

Cara Membuat Lemon Ganache:

1. Campur whip cream bubuk dengan air matang, aduk rata.
2. Lelehkan wcc dan wcc lemon, sisihkan.
3. Didihkan campuran whipcream, masukkan wcc dan wcc lemon, dinginkan.
4. Kocok dengan mikser kecepatan tinggi, siap digunakan.

Penyelesaian:


1. Ambil selembar cake warna ungu, olesi dengan ganache, tumpuk dengan cake warna biru, oles lagi dengan ganache, begitu seterusnya sampai semua cake selesai ditumpuk. Urutannya suka-suka sebenernya. Tapi aku urut dari bawah itu: ungu, biru, hijau, orange, kuning, merah.
2. Kalau sudah tertumpuk semua, oles seluruh permukaan cake dengan sisa ganache. Hias sesuai selera. Aku cuma ditabur sprinkle warna-warni aja.

2 komentar:

Matt Noor said...

Kue2, cake yang enak2... di Kuala Lumpur gak ada nih...

Ajeng Rani R said...

Buat sendiri aja kak.. :D

Post a Comment