Wednesday, October 10, 2012

LBT#16 - Cake Pops

Aaahh..sebenernya maluuu banget mau posting ini..cake popsnya ga berbentuk dan berantakaan >.<
Tadinya mau upload sambil tutup muka pake serbet, tapi akhirnya tutup muka pake sprei..wkwkwk..


Cake Pops itu temennya Lollipop :D
Bedanya, kalo cake pops itu dari cake, lollipop dari permen *halah*
Jadi, cake pops itu sebenernya cake biasa, yang dihancurkan dan dibentuk sedemikian rupa sehingga, lalu ditusuk pakai tusuk permen *eh?

Yah begitulah..semoga ngerti, soalnya ngga bisa mendeskripsikan. Biar gambar aja yang bicara ya...hehehe.. *ngeles :p

Untuk PR LBT kali ini, aku bikin pake basecake DFC alias Devil's Food Cake, cake coklat yang beneran nyoklat bangeeetttt. Recommended buat pecinta coklat.

Devil's Food Cake
(nyontek punya mama Martha Stewart yang dimodif sama Bunda Ricke)

Bahan Cake:
170 gr margarin (lebih enak pake butter)
30 gr coklat bubuk
60 ml air mendidih
150 gr gula kastor (gula pasir halus)
1/2 sdt vanila bubuk L'arome
2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
180 gr tepung terigu protein rendah (misalnya merk Kunci Biru)
1/2 sdt soda kue
Sejumput garam
120 ml susu cair   
 
Resep Ganache:
250 gr DCC (Dark Cooking Chocolate), potong kecil-kecil
250 gr whip cream cair
40 gr unsalted margarin (enakan pake butter -lagi)

Hiasan:
Tusukan permen
Coklat cair
Sprinkle warna-warni
Styrofoam untuk menancapkan cake pops

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 180 C, siapkan 2 buah loyang diameter 15 cm. Olesi dengan margarin, alasi bagian bawahnya dengan kertas roti. Taburi coklat bubuk secukupnya ke seluruh permukaan dalam loyang agar mudah dikeluarkan.
2. Ayak coklat bubuk ke dalam mangkuk, masukkan air mendidih. Aduk rata hingga berbentuk pasta. Sisihkan. Biarkan dingin.
3. Dalam wadah lain, campur dan ayak terigu, soda kue dan garam. Sisihkan.
4. Dalam baskom besar, kocok butter dengan mixer kecepatan rendah sampai lembut. Masukkan gula kastor bertahap sambil terus dikocok hingga putih dan lembut 3-4 menit. Tambahkan vanila bubuk. Kocok rata. Masukkan kocokan telur sedikit demi sedikit, kocok rata pada setiap penambahan. Kocok hingga adonan rata dan tidak memisah. Matikan mixer. Aduk rata dengan spatula hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Campurkan susu cair ke dalam adonan coklat bubuk yang telah dingin, aduk rata hingga adonan coklat larut dengan baik.
6. Dengan mixer kecepatan rendah, masukkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit dan berselang seling dengan larutan coklat dan susu. Awali dan akhiri dengan campuran tepung. Terakhir, aduk rata dengan spatula.
7. Tuang dan bagi rata adonan ke dalam 2 buah loyang yang telah disiapkan. Panggang dalam oven hingga matang, kurang lebih 35-45 menit, tergantung oven masing-masing. Test tusuk hingga cake tidak menempel di lidi/tusuk gigi. Keluarkan cake dari oven, biarkan dalam loyang selama 15 menit. Keluarkan cake dari loyang, dinginkan di atas rak kawat.

Ganache:
Panaskan whip cream cair hingga lembut dan hangat di atas api kecil. Masukkan DCC dan butter. Aduk hingga meleleh. Matikan api. Aduk terus hingga tercampur rata dan kental. Dinginkan, tutup dengan plastic wrap, masukkan dalam lemari es semalaman (di freezer juga boleh). Ketika akan digunakan, kocok dengan mixer hingga lembut dan ringan. Siap digunakan.

Penyelesaian:
Ambil sebagian cake, hancurkan dengan garpu. Tambahkan ganache hingga bisa dibentuk sesuai selera.
Celup tusukan permen lolipop ke dalam coklat cair, biarkan beku, baru ditusukkan ke cake pops.
Celup cake pops ke dalam coklat cair, taburi sprinkle. Tusuk di atas styrofoam. Biarkan hingga beku (bisa dimasukkan ke kulkas).

0 komentar:

Post a Comment