Friday, May 06, 2011

Bolu Gulung

Alhamdulillaaahhh..akhirnya berhasil juga gulung menggulung, meskipun hasilnya masih jauuuuuuh dari sempurna, kulit pada ngelupas, yang pasti niat bikin bolu gulung ga berubah jadi bolu potong seperti biasanya big grin

Nyontek resep dari bundanya Nadhifa, makasih ya bun..pertama kalinya berhasil bikin bolu gulung nih.. *seneng*

Ini resepnya aku tulis setengah resep sesuai yang aku bikin  aku ga pake motif, takut gagal..dan ternyata kulitnya memang gagaall..hiks T_T


Bolu Gulung Keju 
By Ricke ‘Bunda Nadhifa’ modified by me

Bahan:
3 butir telur utuh
3 butir kuning telur
60 gram gula pasir
½ sdm cake emulsifier
½ sdm air
50 gram terigu protein sedang/all purpose flour
10 gram susu bubuk *separuh sachet susu dancow bubuk
¼ sdt baking powder
½ sdt essence vanilla
50 gram margarine+10 gram unsalted butter, lelehkan dan dinginkan (silahkan klo mau pakai full butter atau full margarine saja)

Filling: selai blueberry dan keju cheddar parut secukupnya.

Cara membuat:
1. Ayak terigu, susu bubuk dan baking powder. Sisihkan.
2. Panaskan oven 190-200’C. Alasi loyang dengan kertas roti, olesi dengan margarine/minyak oles loyang. Sisihkan.
3. Kocok telur, gula pasir, cake emulsifier dan air sampai mengembang, kental, putih dan berjejak. Pastikan kocokan telur sudah kental sempurna agar hasil cake maksimal.
4. Masukkan campuran terigu sedikit demi sedikit sambil dikocok dengan mixer kecepatan paling rendah atau diaduk dengan menggunakan spatula dengan teknik aduk balik. Aduk rata hingga ke bagian pinggiran baskom.
5. Masukkan margarine+butter cair sedikit demi sedikit sambil diaduk rata dengan teknik aduk balik hingga benar-benar rata dan adonan sudah homogen. Pastikan tidak ada sedikitpun margarine/butter cair yang belum tercampur karena bisa menyebabkan cake menjadi bantet!
6. Tuang adonan ke dalam loyang, ratakan permukaannya. Buat motif sesuai selera. Panggang dalam oven hingga permukaannya berkulit kuning kecoklatan dan sudah tidak lengket bila disentuh, sekitar 20-25 menit. Jangan over bake hingga cake terlalu kering, nanti bisa mudah retak/patah saat digulung. Angkat dan keluarkan dari oven.
7. Keluarkan cake dari loyang dengan cara membalikkan ke atas kertas roti, kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Balikkan kembali ke rak kawat pendingin. Biarkan hingga benar-benar dingin. Balikkan kembali ke atas kertas roti. Oles buttercream, taburi keju parut dan tata potongan keju. Gulung sambil dipadatkan dengan bantuan kertas rotinya, kencangkan gulungan agar bulat sempurna. Biarkan tergulung beberapa saat. Buka perlahan kertas rotinya. Potong-potong sesuai selera. Voila! Enjoy the roll cake! ^_*

Selamat Mencoba and Good Luck! ^_^

0 komentar:

Post a Comment