Monday, December 31, 2012

Otak-otak Tengiri

Ini otak-otak tengiri entah ke berapa yang aku buat, dan selama bikin otak-otak tengiri, resepnya ngga pernah sama. Ada sih satu patokan resepnya, tapi selebihnya cemplang cemplung aja. Jadi bisa dimaklumi kalo kadang otak-otaknya kurang kenyal, kadang terlalu kenyal, kadang kurang asin, kadang keasinan, hehehe... :D

Tapi alhamdulillah, setiap kali bikin otak-otak pasti laris manis di rumah. Ngga tau karena laper apa doyan, tapi itu bener-bener nyenengin yang bikin...hihihi..


Di internet ada banyak banget resep otak-otak tengiri. Dari yang simpel sampe yang ribet. Dari yang bahannya dikit sampe yang bahannya banyak. Berhubung aku suka yang simpel, jadi aku pake resep yang aku tulis di bawah ini. Tapi maaf, aku lupa sumbernya dari mana...buat yang tau atau malah si empunya resep, tulis di comment yaa.. :D

Otak-otak Tengiri

Bahan Otak-otak:
250 gr daging ikan tengiri
50 gr gula pasir
1 1/2 sdt garam
30 gr seledri cincang (kadang aku skip, kadang aku ganti daun bawang/daun kucai)
1 sdt merica bubuk
1 buah putih telur
2 sdm tepung sagu (aku lebih sering pake tepung kanji)

Bahan Sambal Bumbu Kacang (aku seringnya pake bumbu pecel instan :D)
75 gr kacang tanah, goreng dan buang kulitnya
1 buah cabai merah
2 siung bawang putih
50 gr gula pasir
1 sdt garam
1 sdt cuka
200 ml air

Pelengkap:
Daun pisang
Tusuk lidi/stapler

Cara Membuat Otak-otak: (udah aku modifikasi)

  1. Masukkan daging ikan tengiri, gula pasir, garam, merica bubuk, dan putih telur ke dalam chopper, proses hingga halus. Berhubung kapasitas chopperku cuma 100gr, jadi aku perlu beberapa kali proses, ngga bisa sekaligus, ntar jebol choppernya.
  2. Tambahkan seledri/daun bawang/kucai dan tepung sagu/kanji, aduk rata.
  3. Siapkan daun pisang untuk membungkus, ambil satu sendok makan adonan (atau besar kecilnya terserah sesuai selera), bungkus, sematkan lidi atau stapler (aku biasanya pake stapler biar cepet), bakar sampai matang (aku cuma dipanggang di atas wajan anti lengket).
Cara Membuat Sambal Bumbu Kacang:
Blender semua bahan kecuali cuka, haluskan hingga halus betul. Kemudian panaskan hingga mendidih, angkat dan beri cuka.
(ehm, aku belum pernah bikin sambal bumbu kacang ini..)

Suamiku yg setia bantuin :*
Siap dibakar/dipanggang
Before and after
Percaya deh, bikin otak-otak tengiri homemade begini jauh lebih memuaskan daripada beli.. ;)
Selamat mencobaaa.. ^^

0 komentar:

Post a Comment