Thursday, September 26, 2013

Mengenal Infused Water

Udah pernah dengar yang namanya Infused Water?
Mungkin ada sebagian yang udah, tapi mungkin lebih banyak yang belum pernah dengar infused water sebelumnya. Seperti saya yang baru seminggu yang lalu tau infused water.

Berawal dari cek timeline di twitter, akun @kaskus share tentang infused water. Ada penjelasan detailnya di sini. Secara sederhana, infused water adalah gelas atau botol berisi air putih yang diberi potongan-potongan buah, kemudian ditutup dan didiamkan di kulkas beberapa jam (2-5 jam untuk hasil yang bagus) supaya sari-sari buahnya keluar.


Selain buah, infused water juga bisa diberi potongan herb (daun-daun seperti misalnya daun mint) atau rempah. Dengan memasukkan buah/herb/rempah ke dalam air putih maka akan mengeluarkan aroma dan rasa ke dalam air tsb. Infused water adalah alternatif untuk minum air murni, selain tentunya ada khasiatnya.misal: 

Lemon infused water menghilangkan racun di dalam tubuh/detoxification apabila diminum secara teratur. Infusedwater tahan antara 2-5hr di dalam lemari es (tapi itu juga tergantung bahan yang dimasukkan ke dalam air). Dan dapat diisi ulang kembali dengan air.

Buah-buah dasar yang digunakan untuk infused water sdan manfaatnya:

(1) Green tea, mint, lime—fat burning, digestion, headaches, congestion and breath freshener.
(2) Strawberry,kiwi—–cardiovascular health, immune system protection, blood sugar regulation, digestion
(3) Cucumber, lime, lemon—water weight management, bloating, appetite control, hydration, digestion
(4) Lemon, lime, orange—–digestion vitamin C, immune defense, heartburn, (drink this one at room temperature)

Cara membuat infused water:
  1. Pilih buah/herb/rempah yang akan digunakan.
  2. Cuci bersih semuanya. Kalau perlu pakai cairan khusus untuk membersihkan buah-buahan.
  3. Potong menjadi dua untuk buah-buahan seperti anggur, stroberi dan buah-buahan kecil lainnya. Untuk buah yang lebih besar, bisa disesuaikan sendiri ya, pokoknya kira-kira segitu. Sekitar 5-10 buah per 500ml air. Tapi sebenernya untuk jumlah buah ini bisa ditambah sesuai selera kok
  4. Tambahkan air kurang lebih 500 ml atau sesuai dengan wadahnya. Gunakan wadah yang ada tutupnya ya. Kalo mau ditambah sirup atau gula juga boleh, tapi sebelumnya dilarutkan dulu di airnya sebelum potongan buahnya dimasukkan.
  5. Tutup wadah, simpan di lemari es. Setelah minimal 2 jam bisa diminum infused waternya.
  6. Kalo airnya habis, boleh diisi ulang lagi dengan buah yang sama, tapi kalo udah lebih dari 48jam atau buahnya udah terlihat layu, buahnya dibuang ya, diganti pake yang baru. Kalo mau dimakan juga boleh kalo keadaannya masih cukup fresh.
Nah, kemarin saya iseng ikutan bikin yang namanya infused water. Setelah cek di kulkas ternyata masih ada buah pear, lemon dan stroberi. Ditambah daun mint yang tinggal petik di pot :D


Agak nggak sabar juga nungguin infused waternya siap minum. Dan setelah minum yang namanya infused water, ternyata rasanya mirip sama isotonik. Enak sih, seger..tapi kok masih sayang ya sama sisa buah yang harus terbuang karena udah layu setelah diisi ulang 2x? Hehe...


Oh iya, ini contoh-contoh kombinasi buah beserta manfaatnya yang saya capture dari timeline @kaskus. Ehm..follow saya juga ya di @ranirusli :D




Selamat mencoba yaaa.. ^^

2 komentar:

duniaely said...

belum pernah bikin sih mbak, di halaman belakang byk daun mint dan rempah lainnya :)

iya itu buahnya memang hrs dibuang ya mbak ?

Ajeng Rani R said...

Ayo coba bikin mba, ini alternatif minum air putih. Buahnya kalo msh seger bisa dimakan, tp klo udh layu sebaiknya jgn.. :)

Post a Comment