Friday, February 15, 2013

My First (not-perfect) Potato Bread

Yeaayyy!!
Jadi juga deh potato bread alias roti kentangku ini..
Meskipun over fermentasi dan over bake (penghalusan dari kata "gosong" :D), tapi alhamdulillah masih bisa dimakan :p

Sebenernya males banget bikin roti homemade, males nguleninya. Tapi entah kenapa sejak beberapa hari yang lalu kebayang-bayang roti homemade fresh from the oven yang anget dan aromanya menyebar kemana-mana. Pengen bikin roti abon kaya di breadtalk tapi masih mikir-mikir. Semakin terprovokasi setelah bunda Ricke pasang DP potato bread hasil karyanya. Langsung deh BBM minta resep..


Dari resep yang dikasih, aku cuma bikin setengah resep aja. Selain karena takut gagal, biar nguleninya juga ga pegel-pegel banget. Hehehe..

Berhubung pengen banget roti abon, jadinya potato bread ini sebagian aku kasih topping abon, sebagian lagi aku kasih isian keju..

Ini resepnya udah aku tulis lengkap (satu resep), yang aku bikin cuma setengahnya.
Potato Bread

Bahan A:
200 gram terigu cakra (protein tinggi)
100 gram terigu segitiga (protein sedang, tapi karena ga ada akhirnya aku pake kunci, protein rendah)
65 gram gula pasir
10 gram susu bubuk full cream
6 gram ragi instan

Bahan B:
2 kuning telur
125 ml susu cair dingin (bisa kurang atau lebih tergantung kondisi tepung), ~ bisa juga diganti air es

Bahan C:
100 gram kentang kukus, haluskan, dinginkan
35 gram margarin/butter
1/4 sdt garam
1 sdt vanilla susu

Bahan D: (aku ga pake)
Custard (dibuat dari tepung vla/custard instan sesuai instruksi di kemasan)

Loyang kotak 24 cm ~ aku pake loyang kue kering

Tambahan dari aku:
Topping: mayones+susu kental manis (SKM) putih, abon sapi
Filling: keju lembaran

Cara Membuat:
  1. Campur bahan A hingga rata. Masukkan bahan B, kuning telur dahulu sambil diuleni. Masukkan susu cair dingin sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga adonan bisa menyatu dan menggumpal. Hentikan jika adonan dirasa sudah cukup basah, tambahkan jika adonan masih dirasa terlalu kering. Uleni sampai kalis/tidak menempel di bowl.
  2. Masukkan bahan C, uleni kembali. Adonan ini memang akan lengket di bowl karena penambahan kentang. Uleni hingga lembut dan mulus.
  3. Pindahkan adonan ke atas permukaan meja yang bersih atau alas untuk menguleni yang sudah ditaburi terigu. Uleni kembali menggunakan tangan dengan gerakan seperti orang mencuci baju. Jika terasa lengket lumuri tangan dengan terigu. Uleni hingga kalis elastis. Bulatkan adonan.
  4. Taruh adonan dalam bowl yang dioles sedikit minyak goreng. Tutup dengan plastik wrap atau serbet. Diamkan 45-60 menit sampai mengembang 2x lipat. Kempeskan adonan, uleni lagi sebentar hingga adonan lentur kembali.
  5. Timbang adonan dan bagi menjadi 16 bagian (saya jadinya sekitar 42-43 gram per bagian) ~ aku bagi jadi 8 bagian. Bulatkan masing-masing dan letakkan dalam loyang yang sudah diolesi margarin, beri jarak. Tutup. Diamkan kembali 30-45 menit. ~ aku taruh di loyang kue kering, sebagian aku isi dengan keju lembaran.
  6. Poles permukaannya dengan susu cair/susu evaporated. Beri fla custard dengan menggunakan pipping bag membentuk "cross". ~ aku sebagian oles dengan campuran mayones+SKM dan ditaburi abon sapi, sebagian aku oles susu cair & ditaburi keju parut.
  7. Panggang di oven suhu 180'C-190'C selama 20-25 menit hingga permukaannya kecoklatan. Angkat, keluarkan dari loyang, panas-panas poles permukaannya tipis-tipis dengan margarin.
Nah, di sini aku ada dua kesalahan. Waktu adonan lagi difermentasi, aku ketiduran. Jadi adonannya over fermentasi. Begitu juga waktu dipanggang, karena sambil nonton TV jadinya kelupaan,, dan begitulah hasilnya..agak gosong -___-"

Ehm, bukan agak gosong lagi, sebagian memang gososng (bagian bawahnya item dan nempel di loyang).

Meskipun gosong, tekstur dalamnya tetep lembut
Naahh..keliatan kan gosongnyaaa? >_<
Tutupi kegosongan dengan abon. Hahaha.. :D  
Keliatan lembutnya ga?
 Next time mau bikin lagi, secara roti ini over aja rasanya enak, gimana kalo engga. Pasti enak bangeeett..

0 komentar:

Post a Comment