Sunday, April 08, 2012

Cheese-Choco Truffle Pie

Ceritanya beli gelatin bubuk tapi bingung mau bikin apa. Pastinya pengen bikin yang unbaked aja biar praktis. Sebenernya karena agak males ngeluarin oven. Hihihi..

Tanya ama temen2 akhirnya memutuskan bikin ini. Resep asli dapet dari bunda Ricke, tapi yang ini sedikit aku modifikasi. Aslinya tanpa cheese, karena crustnya pake biskuit Oreo. Karena pengen ada cheese-nya, aku pake Ritz cheese. Ternyataaaa..tekstur Ritz ga cocok bwt dijadiin crust. Walhasil truffle pie-ku agak susah dipotong, terlalu rapuh gitu..gpp deh bwt pengalaman..sekarang jadi tau..hehe..

Yang pengen bikin, sebaiknya pake biskuit Oreo aja yaa..*bukan iklan, bukan promosi*


Cheese-Choco Truffle Pie
source: Bunda Nadhifa, modified by me

Bahan:
1 bungkus biskuit Ritz keju + 5 buah biskuit Ritz keju (soalnya sebungkus kurang) -> resep asli 150gr biskuit Oreo, haluskan bersama krimnya
50gr unsalted butter/margarin, lelehkan
150 gr whipcream bubuk
250 gr air es
250 gr coklat blok, lelehkan dan biarkan sampai agak hangat
2 sdt gelatin bubuk campur dengan 20 ml air dingin, diamkan selama 5-10 menit sampai gelatin menjadi gel. Tim di atas air panas sambil diaduk-aduk hingga gelatin larut
Gula donat dan coklat bubuk untuk dusting

Cara Membuat:
- Campur biskuit halus dengan butter/margarin leleh sampai rata. Ratakan di loyang pie sambil dipadatkan. (aku pake loyang pie yang bisa dilepas, diameter 22cm). Masukkan ke dalam lemari es sampai akan dipakai.
- Kocok whipcream bubuk dan air es sampai setengah kaku (jangan sampai kaku banget ya..), masukkan perlahan coklat blok leleh sambil terus dikocok. Masukkan larutan gelatin, kocok rata sebentar.
- Tuang ke atas biskuit crust yang tadi sudah diratakan di loyang. Ratakan permukaannya. Tutup dengan plastik wrap biar engga ketetesan air. Bekukan dalam freezer minimal 1 jam.
- Keluarkan dari loyang. Dusting permukaannya dengan gula donat dan coklat bubuk. Potong2. Sajikan.

Rasanya? Hmm..kaya eskrim coklat..nyam..nyam..

0 komentar:

Post a Comment