Tuesday, March 20, 2012

Rempeyek

Horeee..rempeyek pertamaku (hampir) berhasil donk..hehehe..
Kenapa dibilang hampir? Karena emang ga 100% berhasil. Awalnya mau bikin rempeyek kacang ijo, tapi waktu digoreng kok si kacang ijonya ga bisa nempel ya? Yawda deh..akhirnya bikin polosan aja. Eh..tetep laris manis di rumah..alhamdulillaahhh..

Ini satu2nya poto rempeyek yang ada. Masih dalam proses penirisan.
Resepnya nemu waktu jalan2 ke blog mba Manda, aku bikin setengah resep aja. Ukurannya pake cup, jadi ga perlu timbang menimbang. Oya, di resep itu pake campuran tepung tapioka dan tepung beras dengan perbandingan 1:2. Untuk bumbu halusnya ada bawang putih, kunyit, ketumbar, kemiri dan garam (ehm, kayanya mba Manda lupa menambahkan garam, atau emang sengaja tanpa garam ya? Hihihi..) Ditambah irisan daun jeruk biar aromanya mantaaabb. Campur semuanya dan tambahkan air sampai agak cair. Jangan terlalu kental ya, ntar jadinya bakwan..hahaha..

Beneran deh, gorengan pertamaku emang agak tebel, kata suami: "Ini mah bakwan, bukan rempeyek". Glek. Oke deh sayang, gorengan selanjutnya adonan aku tambah sedikit air, dan teknik menggoreng yang udah-agak-bener akhirnya menghasilkan rempeyek yang renyah dan dapet acungan jempol dari suami. Hihihi..

Trus mana kacang ijonya?

Nah itu diaaa..sebenernya sewaktu digoreng, adonan ditaburi kacang ijo yang udah direndam air semalaman. Tapiii..kenapa kacang ijoku ga bisa nempel di adonan yaaa?? Mereka malah lari2 ke minyak dan walhasil jadilah kacang ijo goreng. Duhh..

Next time better lah..
Karena suamiku suka nyemil yang gurih2 dan renyah2 kaya rempeyek ini, jadi aku mau belajar bikin rempeyek.

SEMANGAAATT!!

4 komentar:

zila 4ever said...

sedap..sama mcm kt malaysia jgk:)

Ajeng Rani R said...

Owh..di Malay juga ada rempeyek kah? Sedapnyaa.. :)

bunbun said...

wowww.. bener.. aku lupa nulis garam.. hehehe.. semangat terus yaa.. :)
pertama kl bikin ini juga ujung2nya putus asa, jadi aja ditambahin tepung lg spy jd bakwan.. :D heheheh..

mksh udh mampir2 yaaa.. :)

Ajeng Rani R said...

Hehehe..makasih juga resepnya mbaa..akhirnya aku beberapa kali bikin rempeyek tapi asal cemplang cemplung aja..

Alhamdulillah suami sukaa..hihihi..
Makasih udah mampir jugaa.. :D

Post a Comment