Saturday, March 10, 2012

Budapest Cake

Sebenernya pengen bikin budapest cake ini udah lamaaaa bangeett..tapi baru kesampean sekarang. Gara2 ngelirik kulkas masih ada putih telur kedinginan. Kasihan juga kalo ga segera dikeluarkan. Akhirnya browsing resep, udah banyak juga yang share resep ini, tapi aku nyasar ke blognya mba Ike, dan jadilah budapest cake ala aku. Pakenya jeruk shantang yang kecil2 tapi manis dan tanpa biji itu. Bukan jeruk mandarin kalengan seperti resep aslinya. Eh, mba Ike juga ga pake jeruk mandarin, tapi pake mangga. Hihihi..

Cake ini beneran enaaak bangeett!! Suamiku yang ga doyan cake aja suka ama cake ini. Recommended cake deh pokoknya..



Budapest Cake
ala CumaPemula

Bahan:

3 putih telur
Sejumput garam
100 gr gula pasir
1,5 sdm tepung custard
Almond slice secukupnya untuk taburan (mentah aja ntar juga matang saat dipanggang)
40 gr whippy bubuk, campur dengan 80 ml air dingin, kocok kaku. Tapi nanti aja ya..
Jeruk shantang (jeruk yang kecil2, manis dan tanpa biji. Maap kalo namanya salah..hehe..)
Gula donat (optional)

Cara Membuat:
1. Panaskan oven 175'C. Siapkan loyang kuker atau loyang bolu gulung ukuran kecil, oles dengan margarin dan alasi dengan kertas roti. Sisihkan.
2. Kocok putih telur dan garam sampai setengah mengembang dan berbusa, masukkan gula pasir bertahap sambil terus dikocok sampai adonan putih telur mengembang dan soft peak (terlihat mengkilat dan creamy).
3. Masukkan tepung custard. Kocok lagi dengan mixer kecepatan rendah sampai merata.
4. Tuang adonan ke loyang, ratakan permukaannya. Taburi almond slice.
5. Panggang dalam oven selama kurang lebih 30 menit (ovenku, mungkin beda dengan oven lain), sampai permukaannya agak merekah dan kering.
6. Keluarkan dari oven, langsung balikkan di atas kertas roti baru, keluarkan dari loyang. Kelupas kertas roti yang menempel pada cake. Dinginkan.
7. Kocok whipping cream sampai kaku dan siap oles. Karena cake-ku jadinya tipis, aku belah dua sama besar kanan dan kiri. Oles salah satu bagian dengan whipped cream, tata jeruk mandarin kemudian tumpuk dengan cake lagi. Beri dusting gula donat jika suka. Simpan dalam kulkas sampai saat disajikan. Potong-potong.

Potonya burem.. x_x
Notes:
- Karena cake ini dari putih telur, waktu dipanggang jadi mengembang tapi waktu dikeluarkan dari oven agak kempes. Katanya sih gpp, normal2 aja.
- Cake ini lembut banget dalamnya, tapi renyah dan kering di bagian permukaannya. Apalagi ada almond slice yang bikin kriuk.
- Yang bikin cake ini khas itu buah jeruknya. Jadi kalau bisa jangan diskip. Tapi bisa aja sih kalo mau diganti buah2an lain. Ehm, budapest cake duren enak ga yaa? Hahaha..

0 komentar:

Post a Comment