Tuesday, July 23, 2013

Ngabuburit dan Buka Puasa di Masjid Al Fairus Pekalongan

Buat yang ada di kota Pekalongan ataupun sering mondar-mandir lewat jalan pantura di Pekalongan, pasti tahu keberadaan masjid megah ini. Masjid Al Fairus termasuk masjid baru. Dibangun tahun 2004 oleh pengusaha batik Pekalongan, masjid ini belum 100 persen jadi. Tapi udah bisa dipakai buat beribadah, beristirahat, dan berbelanja. Eh? Iya, selain fungsi masjid pada umumnya, di masjid Al Fairus ini juga menyediakan kios-kios yang menjual pakaian (terutama batik), dan juga makanan.


Arsitektur masjid ini mirip Masjid Nabawi. Dan sepertinya memang berkiblat ke arah sana, karena untuk takjil buka puasanya pun mengikuti cara berbuka puasa di Masjid Nabawi. Pihak masjid menyediakan berpuluh-puluh galon air zam-zam dan berkardus-kardus buah kurma yang didatangkan langsung dari Arab Saudi. Jadi, buat yang pengen berbuka puasa (seolah-olah) seperti di Masjid Nabawi, bisa ke Masjid Al-Fairus ini ya..


Di masjid Al Fairus ini juga ada koleksi Al Quran, dari yang terkecil sampai yang terbesar. Ada semacam mading alias majalah dinding yang isinya cuplikan berita di koran atau majalah tentang Al Fairus ini. Tapi ga difoto. Mau minta ijin foto, bingung ijin ke siapa. Mo langsung foto, ntar ditegur.. *pernah ada pengalaman begitu soalnya*

Untuk masjidnya sendiri sebenarnya ga begitu besar, tapi halamannya luas. Toilet dan tempat wudhu untuk pria ada di bawah tanah. Jadi harus menuruni beberapa anak tangga untuk menuju ke sana. 


Tapi untuk yang wanita ga di bawah tanah. Ada di sisi sebelah masjid yang berlawanan dnegan tempat wudhu pria. Sayang, penerangannya kurang. Jadi agak remang-remang cuaca gitu kalo malem.

Sebenarnya udah beberapa kali mampir masjid Al Fairus ini untuk sholat dan istirahat. Tapi baru kali ini ngabuburit sekaligus buka puasa di masjid ini. Sebelum jam 5 sore, takjil udah tertata rapi di pelataran masjid. Menjelang maghrib, mulai banyak jamaah (terutama anak-anak) yang datang untuk berbuka bersama di masjid.


Untuk takjilnya sendiri selain air zam-zam dan kurma, ada nasi bungkus dan segelas air mineral cup atau teh manis cup. Jadi lumayan pake banget deh..hehe..alhamdulillah..

Deretan kios di halaman masjid
Belum pernah iseng tanya harga di sini
Suasana buka puasa bersama di Masjid Al Fairus














Jadi, kalo lewat kota Pekalongan, jangan lupa mampir yaa.. :D

1 komentar:

Anonymous said...

Kalo mudik k sragen (dr palembang) pas lwt pkl biasanya mampir ksini buat sholat dhuhur asar (stlh sblmnya cucimata d pasar batik sblhnya. Lupa namanya) megah masjidnyaa. Bagus. Syg blm pernah nyampe situ sore jd g nemu ta'jil hehe nyamaaann -nofi

Post a Comment