Sunday, May 19, 2013

Apple Pie

Suka banget sama apple pie, tapi baru sempet bikin sekarang. Ini juga karena udah ada apel yang udah agak busuk di beberapa bagian. Hehe..biasalah pada males makanin apelnya. Setelah bagian busuknya dibuang dan kulitnya dikupas, ditimbang sekitar 800gr. Lumayan juga ya..


Untuk resep apple pienya itu gabungan dari beberapa resep apple pie hasil browsing. Rasanya pas menurutku. Apalagi kalo dingin. Hmm..yummyyy..
Buat yang pengen bikin, ini resepnya yaa..

Apple Pie

Bahan Crust (kulit pie):
250 gr tepung terigu serbaguna
2 sdm gula bubuk
175 gr margarin beku, potong dadu kecil-kecil (bisa juga pake butter)
½ sdt garam
5 sdm air es (tambahkan sesendok demi sesendok)


Bahan Filling:
800 gr apel kupas, rendam air garam
1 sdm air jeruk lemon
6 sdm gula pasir halus (manisnya bisa disesuaikan selera)
1 sdm madu
1 sdm gula aren bubuk
1 sdt kayu manis bubuk (bisa ditambah atau dikurangi sesuai selera)
Sejumput garam
2 sdm maizena
25 gr margarin/butter beku yang dipotong dadu kecil

Cara Membuat:

Crust:
  1. Campur terigu, gula bubuk dan garam. Aduk rata. Tambahkan margarine/butter beku, aduk menggunakan pisau pastry/garpu/ujung jari hingga adonan berbutir-butir. (Jangan pake telapak tangan ya, suhu panas dari tangan b isa bikin pienya keras).
  2. Masukkan air es sesendok demi sesendok sambil diuleni dengan sendok kayu hingga kalis. Kalo adonan dirasa sudah kalis tapi air masih ada, hentikan penambahan air. Tapi kalo dirasa masih kering padahal airnya udah habis, bisa ditambahkan sampai kalis.
  3. Bagi adonan menjadi dua. Bungkus  masing-masing dengan plastik, istirahatkan di kulkas selama kurang lebih 1 jam biar pienya jadi renyah.


Filling:
  1. Potong apel kecil-kecil, campur dengan air jeruk lemon. Aduk rata.
  2. Masukkan gula pasir halus, madu, gula aren bubuk, kayu manis, maizena dan garam. Aduk rata lagi.
  3. Panaskan di atas api kecil hingga mengental dan apel agak lunak. Angkat. Sisihkan.

Penyelesaian:
  1. Ambil 1 bagian adonan, gilas tipis dan letakkan di dalam loyang pie diameter 20 cm yang udah dioles margarin. Kalo males gilas adonan, bisa langsung ditaruh di dalam loyang & ditekan-tekan. Tapi kadang ketebalannya ga sama :D
  2. Masukkan dan tata ½ bagian filling di atas adonan, kemudian taruh potongan margarin/butter beku, masukkan lagi ½ bagian sisa filling. Ratakan.
  3. Gilas sisa adonan crust, gunakan untuk menutup bagian atas pie. Bisa dibentuk lattice (anyaman) kaya yang aku bikin, bisa dibentuk lingkaran sesuai ukuran loyang dengan lubang di beberapa tempat, atau dibentuk dengan cookie cutter yang bentuknya sesuai selera.
  4. Panggang dengan api sedang (atau suhu 185oC) selama kurang lebih  45 menit atau hingga matang kecoklatan. Angkat. Oya, sebelum dipanggang bisa dioles kuning telur dulu biar lebih cantik. Kebetulan aku ga pake olesan karena lagi ga ada telur. Hehe..
  5. Jangan langsung dikeluarkan dari loyang, tunggu biar agak dingin dulu. Baru dikeluarkan dan dipotong-potong.

Fresh from the oven. Oya, waktu memanggang bisa dialasi loyang kuker ini ya, buat mengantisipasi kalo ada filling yang bocor.



Selamat mencobaaa..^^

0 komentar:

Post a Comment